Dark/Light Mode

Lahirkan Lapangan Kerja Baru Untuk Masyarakat Purwakarta

Relawan Sandi Uno Gelar Pelatihan Sulap Eceng Gondok Jadi Rupiah

Sabtu, 18 Februari 2023 08:46 WIB
Relawan Sandiuno Fans Club menggelar pelatihan menyulap eceng gondok menjadi barang brrharga di Gedung Creative Center Purwakarta, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jumat (17/2). (Foto: Ist)
Relawan Sandiuno Fans Club menggelar pelatihan menyulap eceng gondok menjadi barang brrharga di Gedung Creative Center Purwakarta, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jumat (17/2). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Eceng gondok memiliki nilai jual yang cukup tinggi, karena dapat menjadi produk kreatif yang unik dan laris dipasaran. Maka itu, Sandiuno Fans Club menjadikan eceng gondok sebagai salah satu alternatif penghasilan tambahan keluarga dan menumbuhkan wirausaha baru.

Ketua Sandiuno Fans Club Purwakarta, Pepta Triansyah mengatakan eceng gondok sebagai tanaman penggangu, namun dengan perkembangan zaman memiliki nilai jual yang tinggi jika diolah secara benar. Sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru seluas-luasnya bagi bangsa Indonesia.

"Eceng gondok merupakan wabah yang menggangu bagi perikanan, sehingga kami mengambil kesimpulan untuk mengadakan pelatihan. Ternyata eceng gondok ini setelah dikelola, diteliti, dan dimanfaatkan serta dikerjakan oleh orang-orang kreatif bisa menghasilkan nilai tambah secara inside dapat menyerap lapangan kerja," kata Pepta di Gedung Creative Center Purwakarta, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jumat (17/2).

Baca juga : INSIGHT Dan DAPENBUN Hadirkan Layanan Ambulans Gratis Untuk Masyarakat Lampung Selatan

Pepta menjelaskan Sandiaga Uno mendorong ekonomi kreatif untuk bangkit. Hal ini dibuktikan dari program-program nyata yang diupayakan.

Menurutnya pelatihan ini akan ditindaklanjuti pada pendamping dalam memasarkan produk UMKM Purwakarta agar lebih meluas.

"Mas Menteri Sandiaga Uno sangat mendorong ekonomi kreatif, ini terbukti yang kita lakukan hari ini untuk menciptakan lapangan kerja dan perekonomian keluarga di daerah tersebut. Sandiuno Fans Club pun memberikan langkah-langkah strategis kedepannya program pendampingan untuk memasarkan produk secara luas," jelas Pepta.

Baca juga : Ratusan Ibu-ibu Tuban Ikut Pelatihan Pembuatan Sabun Dari Relawan Sandi Uno

Antusias peserta pelatihan Kabupaten Purwakarta dapat memberikan contoh bagi masyarakat daerah lainnya. Sebab mereka menginginkan Indonesia maju dari sektor UMKM. 

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan Herni, 20, mengatakan pelatihan yang diikutinya memberikan wawasan kepada pengusaha muda. Ia pun menyampaikan setelah ini, dapat mengembangkan produksi usahanya dari bahan kulit sapi menjadi eceng gondok.

"Mengikuti pelatihan ini untuk menambah wawasan tentunya mendapatkan ilmu yang lebih banyak, karena saya mempunyai usaha sepatu dan sendal dari bahan kulit sapi, jadi eceng gondok dapat dibudidayakan suatu produk yang unggulan dan berkualitas," imbuh Herni.

Baca juga : Masyarakat Lombok Dukung Sandiaga Uno Maju Pilpres

Pada pelatihan ini para peserta mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno dan Sandiuno Fans Club telah menyelenggarakan program bermanfaat, khususnya untuk pengusaha muda agar terus berinovasi untuk membantu perekonomian Indonesia.

Kegiatan ini turut didukung oleh DPD RSI Purwakarta dan juga DPN Rumah SandiUno Indonesia, mereka menilai program Sandiaga Uno membuka lapangan kerja di sektor UMKM akan semakin terbuka lebar sehingga target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di 2024 bisa dicapai.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.