Dark/Light Mode

Konsepnya, Smart Forest City

Menteri PUPR: Insya Allah Istana Nusantara Segera Terwujud

Minggu, 19 Februari 2023 09:13 WIB
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau Titik Nol Ibu Kota Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa, 25 Oktober 2022. (Foto: Ant)
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau Titik Nol Ibu Kota Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa, 25 Oktober 2022. (Foto: Ant)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengunjungi lokasi pembangunan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pembangunan istana presiden sudah dimulai. Menteri Basuki optimis hasilnya bakal keren.

"Sore ini saya Basuki Hadimuljono menteri PUPR bersama para mitra, para dirjen berada di tapak Istana Nusantara kita. Sekarang sudah berproses, keren," kata Menteri Basuki dikutip dari Instagram Kementerian PUPR, Sabtu (18/2).

Menteri Basuki menyebut pembangunan Istana Nusantara itu tetap mengedepankan konsep smart forest city.

Baca juga : Moeldoko: Pengembangan Bandara Haji Raja Abdullah Harus Segera Terlaksana

“Insyaallah akan dapat kita wujudkan tahun-tahun yang akan datang," tuturnya.

Basuki pun menyebutkan rencana Indonesia memiliki ibu kota baru akan segera terwujud.

"Bismillah, mudah-mudahan niat kita mempunyai ibu kota baru akan terwujud segera," ujar Basuki yang diamini orang-orang di sekitarnya.

Baca juga : HNW Harap Dana Abadi Pesantren Segera Terwujud

Istana negara di ibu kota baru dibangun di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim. Kawasan yang akan dibangun istana negara itu baru di tahap pembentukan lahan.

Nantinya luas istana presiden di Nusantara akan seluas 50 hektare. Selain bangunan istana, akan ada lokasi embung air, lapangan upacara dan botanical garden.

Pembangunan lapangan upacara ditargetkan bisa cepat selesai pada 2024. Dengan begitu upacara negara saat 17 Agustus 2024 bisa dilaksanakan di kawasan istana negara di IKN yang menghabiskan anggaran Rp 3,4 triliun.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.