Dark/Light Mode

Kantongi SK Menteri PUPR

Hari Ini Jasa Marga Dan HK Sesuaikan Tarif Tol

Minggu, 17 Januari 2021 05:49 WIB
Ilustrasi. (Foto : Jasa Marga).
Ilustrasi. (Foto : Jasa Marga).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua perusahaan pelat merah, PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Hutama Karya (Persero), kompak menyesuaikan tarif tol pada Minggu (17/1) pukul 00.00.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan mengaku, pihaknya telah mengantongi Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait penyesuaian tarif.

Berita Terkait : Mulai Minggu Besok, Jasa Marga Berlakukan Penyesuaian Tarif Di 6 Ruas Tol

Tarif itu akan diberlakukan pada enam ruas tol integrasi Ja­karta Outer Ring Road (JORR) dan Akses Tanjung Priok (ATP).

“Dua di antara tol itu dike­lola perseroan, yakni Ruas Tol JORR-S dan ATP. Tarif baru­nya, golongan Golongan (Gol) 1 menjadi Rp 16 ribu, Gol II dan III Rp 23.500, Gol IV dan Gol V Rp 31.500,” ujar Fauzan, melalui siaran pers, kemarin.

Berita Terkait : 106 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta Di Hari Pertama Tahun Baru

Menurut dia, penyesuaian tarif ini dilakukan untuk menjamin Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) meningkatkan level of service. Dan sebagai wujud kepastian pengembalian investasi sesuai business plan.

“Perlu diingat, jalan tol meru­pakan investasi yang dikeluarkan BUJT. Perlu adanya pengembalian dana yang diperoleh dari pendapatan tol,” kata Fauzan.

Baca Juga : Pertamina EP Adera Field Sukses Tambahkan Produksi 751 BOPD

Terlebih lagi, bila pengembaliannya tidak sesuai dengan business plan yang sudah disepakati, maka akan berdampak pada keberlanjutan jalan tol tersebut.

Selain itu, penyesuaian tarif dilakukan juga untuk membangun iklim investasi jalan tol yang kondusif, pemenuhan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) sebagai suatu Kerja Sama Pemerintah dengan badan usaha, dan mendukung mobilitas logistik.
 Selanjutnya