Dark/Light Mode

Pasca Kecelakaan Helikopter, Kondisi Kapolda Jambi Dipastikan Stabil

Senin, 20 Februari 2023 15:52 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Mabes Polri memastikan, Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongannya dalam kondisi stabil usai mengalami kecelakaan helikopter. Tim evakuasi darat dan udara pun telah berhasil menjangkau lokasi kecelakaan.

"Kondisi awak pesawat saya lihat dari foto-foto dan juga laporan dari Kapolres alhamdulillah pada kondisi stabil," ungkap Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Senin (20/2).

Polri akan memaksimalkan dan mempercepat proses evakuasi. Korps Bhayangkara mengerahkan enam helikopter untuk membantu proses evakuasi kecelakaan helikopter tersebut.

Baca juga : Tim SAR Gabungan Sisir TKP Kecelakaan Heli Yang Ditumpangi Kapolda Jambi

"Ada dua tim yang sudah bergerak dimulai tadi malam sampai dengan hari ini, tim udara kemarin baru tiga heli, tapi hari ini kita sudah menggunakan enam helikopter," tuturnya.

Sementara itu, Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jambi telah disiapkan untuk para korban. Hingga kini, Tim SAR masih terus melakukan evakuasi melalui jalur udara.

"Memang butuh percepatan evakuasi untuk penanganan medis lebih lanjut. Jadi, rumah sakit yang kita persiapkan juga Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jambi," ungkapnya.

Baca juga : Ayahnya Bilang, Messi Dipastikan Tetap Di PSG

Meski begitu, Polri juga tetap menyiapkan pesawat untuk para korban terbang ke Jakarta apabila RS Bhayangkara Polda Jambi tak mampu untuk menangani korban luka.

"Pesawat juga kita siapkan. Apabila penanganan di rumah sakit tidak mampu, nanti pesawat kita terbangkan ke Jakarta, agar perawatan medis lebih efisien dan efektif serta maksimal penanganan korban," beber Dedi.

Terkait estimasi waktu evakuasi korban dari lokasi kejadian ke rumah sakit, disebutnya mencapai 1,5 jam bila melalui jalur udara.

Baca juga : Fati Dicampakkan Xavi

Sebelumnya, helikopter milik Polairud Polda Jambi yang ditumpangi Kapolda dan beberapa pejabat utama Polda Jambi, berangkat dari bandara Sultan Thaha Jambi dengan tujuan Kabupaten Kerinci pada Minggu pagi (19/2), mengalami kecelakaan jatuh di bukit di Kecamatan Muara Emat, Kabupaten Kerinci sebelum tiba di Bandara Kerinci.

Helikopter Polairud Polda Jambi itu berangkat dari Bandara Jambi dengan tujuan Kabupaten Kerinci, namun karena faktor cuaca dan sesuatu hal, helikopter yang ditumpangi oleh Kapolda dan beberapa pejabat utama itu mengalami kecelakaan di bukti di Tamia Kabupaten Kerinci, Jambi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.