Dark/Light Mode

Terkendala Cuaca

Evakuasi Dihentikan, Kapolda Jambi Belum Bisa Dibawa Keluar Hutan Kerinci

Senin, 20 Februari 2023 21:01 WIB
Proses evakuasi Kapolda Jambi dari Hutan Kerinci. (Foto: Istimewa)
Proses evakuasi Kapolda Jambi dari Hutan Kerinci. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya untuk mengevakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono di Kawasan Hutan Bukit Tamiai, Kabupaten Kerinci, Jambi, malam ini kembali dihentikan karena ada kabut tebal. Proses evakuasi akan dilanjutkan kembali esok hari.

“Untuk kendala, saat akan melakukan evakuasi sore tadi, (ada) masalah cuaca di sekitar lokasi, karena berkabut dan tidak memungkinkan untuk melakukan evakuasi. Sehingga helikopter milik Basarnas dan Puma milik TNI AU kembali ke Bandara Sultan Thaha Jambi," terang Kepala Kantor Basarnas Jambi, Kornelis, Senin (20/2).

Baca juga : Polri Kerahkan 6 Helikopter Untuk Evakuasi Kapolda Jambi Dan Rombongan

Proses evakuasi Kapolda Jambi dkk akan dilanjutkan pada Selasa pagi, sekitar pukul 07.00 WIB. Proses evakuasi itu akan dilakukan oleh sebanyak 7 heli dari berbagai instansi.

“Evakuasi akan dilanjutkan besok pagi dengan menggunakan 7 helikopter. Di antaranya milik Basarnas, TNI AU, Barhakam Polri, Polda Sumsel, dan Sinar Mas. Semoga cuaca besok pagi di sekitar lokasi cerah dan seluruh korban dapat segera dievakuasi,” tutup Kornelis.

Baca juga : Tak Lagi Dibantarkan, Lukas Enembe Kembali Jalani Penahanan Di Rutan KPK

Sebenarnya, tim jalur udara sebanyak 5 personel sudah tiba di lokasi jatuhnya helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi. Tim tersebut sudah melakukan penanganan awal terhadap korban. Kelima personel itu terdiri dari 2 personel Brimob, 2 Dokes Polda Jambi, dan 1 Rescuer Kansar Jambi.

Sebelumnya, helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi mendarat darurat di Perbukitan Tamiai, Muara Empat, Kabupaten Kerinci, Jambi, Minggu (19/2). Dalam helikopter itu, Kapolda Jambi ditemani Direktur Reskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yudhistira, Direktur Polairud Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan, Korspri, serta Adc Kapolda. Pilot dan penumpang kru mengalami luka-luka akibat insiden tersebut.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.