Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Polri Modifikasi Cuaca, 4 Korban Helikopter Jatuh Dievakuasi

Selasa, 21 Februari 2023 17:04 WIB
Petugas gabungan yang akan mengevakuasi korban helikopter jatuh di Jambi. (Foto : Antara)
Petugas gabungan yang akan mengevakuasi korban helikopter jatuh di Jambi. (Foto : Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Petugas gabungan terus berupaya mengevakuasi penumpang helikopter yang mendarat darurat di hutan Kerinci, Jambi. Hingga kini total ada empat orang yang sudah dievakuasi.

Salah satu keberhasilan evakuasi karena Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajarannya melakukan modifikasi udara guna menghalau kabut yang mengganggu jarak pandang dalam kegiatan evakuasi Kapolda Jambi.

Dijelaskan Kapolri, cuaca berkabut menghalangi proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusid Hartono dan rombongan, di mana sudah memasuki hari ketiga pencarian dan penyelamatan (SAR) udara.

Baca juga : 4 Korban Helikopter Jatuh Berhasil Dievakuasi, Kapolda Jambi Masih Diupayakan

“Kami berupaya bagaimana melakukan modifikasi cuaca sehingga kemudian kabut-kabut itu bisa dihilangkan dan pandangan terhadap lokasi tempat kejadian di Kabupaten Kerinci, Jambi ini betul-betul terlihat jelas sehingga evakuasi melalui udara bisa dilaksanakan dengan baik,” kata Sigit.

Evakuasi melalui jalur udara dinilai lebih efektif dari pada jalur darat. Karena medan dan jarak tempuh jalur darat bisa memakan waktu 12 jam jalan kaki, sedangkan sepeda motor trail tidak bisa melalui medan perbukitan.

Namun, jika evakuasi jalur udara belum bisa dilakukan karena faktor udara, kata Sigit, pihaknya menyiapkan tim SAR jalur darat untuk mengevakuasi Kapolda Jambi dan rombongan.

Baca juga : Polri Kerahkan 6 Helikopter Untuk Evakuasi Kapolda Jambi Dan Rombongan

“Saat ini kami telah menerjunkan kembali tim tambahan untuk mempersiapkan kemungkinan kami lakukan SAR darat,” katanya.

Untuk mendukung evakuasi melalui jalur darat, tim SAR gabungan melakukan pemetaan untuk membuat rute terdekat dan rute yang aman untuk evakuasi korban. Tujuannya agar, cedera yang dialami oleh Kapolda Jambi dan rombongan tidak semakin parah.

Berdasarkan informasi yang diterima Selasa (21/2/2023), dua orang terbaru yang dievakuasi ialah Direskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yusdhistira dan Dirpolairud Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan.

Baca juga : Terinspirasi Surya Paloh, Nuri Shaden Resmi Berlabuh Ke NasDem

Sebelumnya, dua orang yang sudah dievakuasi ialah Kopilot AKP Amos Freddy P Sitompul dan ADC Kapolda Jambi atas nama Briptu Muhardi Aditya.


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.