Dark/Light Mode

Hasil Musra Ke-19 Sultra

Airlangga Capres Favorit, Ganjar Dan Mahfud Cawapres Teratas

Rabu, 22 Februari 2023 15:22 WIB
Konferensi pers pengumuman hasil Musra Ke-19 Sultra di FX Sudirman, Jakarta.  Jakarta, Rabu (22/2). (Foto: Istimewa)
Konferensi pers pengumuman hasil Musra Ke-19 Sultra di FX Sudirman, Jakarta. Jakarta, Rabu (22/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gelaran Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia memasuki provinsi berikutnya. Teranyar, Musra Ke-19 Sulawesi Tenggara (Sultra) sukses digelar di Kendari, Sultra, Minggu (19/2).

Ribuan masyarakat Sultra hadir dalam gelaran yang juga diselingi dengan e-voting memilih capres-cawapres 2024. Hasilnya, untuk capres, nama Airlangga Hartarto masuk di posisi puncak. Sementara untuk Cawapres, Mahfud MD kembali masuk dua besar radar cawapres favorit Musra.

Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea mengatakan, tiga besar capres sejauh ini Ganjar, Airlangga, dan Prabowo. Ketiganya saling salip.

"Sementara cawapres, Mahfud MD, Sandiaga, Arsjad paling konsisten. Ada juga nama Moeldoko," ungkapnya usai konferensi pers pengumuman hasil Musra Ke-19 Sultra di FX Sudirman, Jakarta. Jakarta, Rabu (22/2).

Baca juga : Dibilang Cari Panggung, Mahfud Tidak Keberatan

Dikatakan Andi Gani, seluruh hasil Musra sejauh ini sudah dilaporkan ke Jokowi. Andi Gani menjelaskan, puncak Musra diperkirakan akan berlangsung usai Hari Raya Idul Fitri. Di puncak Musra akan diumumkan 3 nama capres dan 5 nama cawapres yang menduduki posisi tertinggi selama berlangsungnya Musra.

Andi Gani menambahkan, Presiden Jokowi masih membuka dukungannya ke semua pihak. Kata dia, Jokowi belum memastikan dukungan ke salah satu calon.

"Beliau mendukung semua sosok untuk berkompetisi, seperti Pak Ganjar, Pak Prabowo, Pak Airlangga. Kemarin di PPP menyebut nama Pak Mahfud MD juga selain nama yang sering disebut tadi," tegasnya.

Ketua Panitia Nasional Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia Panel Barus memaparkan hasil Musra Sultra. Untuk capres yang unggul Airlangga Hartarto di posisi pertama dengan raihan 21,98 persen. Disusul Prabowo Subianto 18,93 persen, Ganjar Pranowo 17,98 persen, Moeldoko 13,67 persen, Erick Thohir 8,07 persen, Anies Baswedan 7,6 persen, Khofifah Indar Parawansa 2,29 persen, Muhaimin Iskandar 1,58 persen, Ridwan Kamil 1,46 persen, Puan Maharani 1,33 persen, dan lainnya 5,08 persen.

Baca juga : Ke Cianjur, Wapres Hadiri Istigasah Doa Keselamatan

Sedangkan cawapres, Ganjar Pranowo duduk di posisi atas dengan angka 29,48 persen. Lalu, Mahfud MD 22,74 persen, Moeldoko 19,31 persen, Sandiaga Uno 9,98 persen, Arsjad Rasjid 4,64 persen, Puan Maharani 4,00 persen, Dani Pomanto 1,84 persen, Ridwan Kamil 1,72 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 1,33 persen, Anies Baswedan 0,96 persen, dan nama lainnya 4,00 persen.

"Airlangga di posisi pertama, karena partainya besar di sana. Seperti juga Musra di Provinsi Gorontalo. Sehingga wajar Airlangga menang. Seperti Prabowo menang di Sumbar dan Ganjar menang di Jateng," kata Panel.

Dikatakan, untuk agenda Musra berikutnya akan dilanjutkan di Papua di dua Provinsi yakni di Sorong dan Manokwari. Setelahnya Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sumatera Utara, Jambi, dan Bengkulu.

"Kita target 28 Provinsi. Supaya 85 persen merepresentasi suara nasional," tambanya.

Baca juga : Hadirkan Dapuria, Srikandi Ganjar Ajak Perempuan Di Prabumulih Lebih Berdaya

Puncak Musra akan digelar Hari Raya Idul Fitri sekaligus relawan akan menggelar halal bi halal. "Nanti akan kita serahkan hasil kepada Presiden Jokowi. Tapi tak hanya menyerahkan nama-nama itu, agenda prioritas harapan rakyat juga akan kami serahkan," tambahnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.