Dark/Light Mode

Pilkada 2020 Di Depok Dimenangkan Golput

GP Center Minta KPU Siapkan Strategi Tingkatkan Partisipasi Pemilih Di 2024

Senin, 27 Februari 2023 09:27 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan GP Center dan Komunitas Depok Bersatu menggelar diskusi tentang fenomena golongan putih (golput) atau orang yang tidak memakai hak pilihnya. Diskusi digelar di Cornelis Coffee, Kota Depok, Minggu (26/2).

Ketua Harian DPP GP Center Thomas Djunianto mengungkapkan, berdasarkan data yang ada, Pilkada periode lalu, yaitu tahun 2020, "dimenangkan" oleh golput.

Berdasarkan hasil penghitungan KPU Kota Depok, terdapat 451.625 orang yang tidak menggunakan hak pilihnya.

Baca juga : Di Depan Jokowi, Menteri Siti Laporkan SK Perhutanan Sosial

GP Center berharap, untuk pesta demokrasi pada tahun 2024 yang akan datang, KPUD Kota Depok sebagai penyelenggara Pemilu, sudah memikirkan langkah-langkah strategis sebagai upaya meningkatkan partisipasi pemilih.

"Sehingga pesta demokrasi melibatkan lebih banyak warga untuk memilih dan yang menang adalah paslon yang berkontestasi," ujar Thomas.

Selain itu, untuk mendorong tingkat partisipasi pemilih, Thomas juga berharap para paslon, yakni wali kota dan wakilnya betul-betul disiapkan oleh partai politik.

Baca juga : Kapolri Berkomitmen Terus Tingkatkan Layanan Publik

Sehingga, calon yang dimajukan memiliki kompetensi,visi dan misi yang segar dan inovatif bagi kemajuan Kota Depok.

Untuk pelaksanaan pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 nanti, Thomas juga mengingatkan kepada KPU Pusat maupun di daerah bahwa mayoritas pemilik suara adalah mereka yang tergolong Gen Z dan milenial, yaitu kisaran 60 persen dari total pemilih.

Sebagai generasi yang melek digital dan praktis, tentu metode sosialisasi kepada kelompok ini agak berbeda dengan periode pemilu sebelumnya.

Baca juga : Pemerintah Siapkan Jurus Tekan Inflasi

Oleh karena itu, ini menjadi tugas sekaligus tantangan bagi KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2024 yang akan datang.

"GP Center pun akan melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan teman-teman Gen Z dan milenial agar mereka turut peduli dengan perbaikan dan kemajuan bangsa di masa depan," tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.