Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mak Ganjar Sosialisasi Program Berkebun Di Pekarangan Rumah

Sabtu, 4 Maret 2023 19:22 WIB
Relawan Mak Ganjar sosialisasikan program BERDIKARI (Berkebun di Pekarangan Sendiri) di Perum Ambar Waringin, Bojong Gede, Kabupaten Jawa Barat, Sabtu (4/3). (Foto: Istimewa)
Relawan Mak Ganjar sosialisasikan program BERDIKARI (Berkebun di Pekarangan Sendiri) di Perum Ambar Waringin, Bojong Gede, Kabupaten Jawa Barat, Sabtu (4/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk meningkatkan ketahanan pangan, Relawan Mak Ganjar sosialisasikan program BERDIKARI atau Berkebun di Pekarangan Sendiri di Perum Ambar Waringin, Bojong Gede, Kabupaten Jawa Barat, Sabtu (4/3).

Koordinator Wilayah (Korwil) Mak Ganjar Jawa Barat Nurapsi mengatakan, program tersebut digelar karena ada aspirasi dari masyarakat dan mendorong masyarakat untuk bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk bisa ditanami tanaman seperti buah, sayuran, dan rempah-rempah.

"Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan fungsi emak-emak agar bisa produktif dengan melakukan aktifitas berkebun di pekarangan rumah," buka Nurapsi.

Baca juga : Status Darurat Dicabut, Pertamina Berikan Penanganan Terbaik Untuk Korban

Program berkebun dengan memanfaatkan pekarangan rumah digulirkan setelah melihat potensi yang ada di daerah tersebut, sedangkan pemenuhan kebutuhan sayuran masing-masing keluarga didatangkan dari luar daerah.

"Kami mendatangkan mentor yang sudah berpengalaman serta kebutuhan bibit dalam melakukan praktiknya," lanjutnya.

Berbagai macam jenis sayuran yang dikembangkan warga ini terdiri dari jenis sayuran kangkung, kacang panjang, bayam, terong, cabai, gambas, tomat rampai dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah maupun menggunakan "polybag" atau karung bagi warga yang tidak memiliki lahan pekarangan rumah.

Baca juga : Srikandi Ganjar Sulsel Gelar Talkshow Kesehatan Mental Bersama Perempuan Di Kabupaten Gowa

"Selain tanaman sayuran, juga direncanakan penambahan bibit tanaman labu kuning yang tepungnya dapat dimanfaatkan untuk pembuatan makanan ringan seperti puding, mi dan aneka makanan lainnya, sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan terigu maupun beras," ungkapnya.

Sejak diumumkan penyelenggaraan sosialisasi BERDIKARI, program tersebut diterima baik oleh seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kecamatan Bojong Gede.

"Kami merasa senang di sini karena warga antusias mengikuti kegiatan tersebut dan lanjutannya berencana untuk membuat perkumpulan yang mana di dalamnya nanti ada program pengelolaan kebun di pekarangan lingkungan sekitar, tentu ini langkah baik untuk mendorong ketahanan pangan yang lebih baik," lanjutnya.

Baca juga : GMC Sosialisasi Upaya Pengentasan Stunting Di Bogor

Nurapsi berharap, warga lainnya secara sadar dan bersama-sama untuk berkebun dalam memenuhi kebutuhan harian keluarga yang komoditasnya terus naik di lapangan, seperti bawang merah, bawang putih, cabe dan tomat.

"Kami berharap dukungan dan kerjasama semua pihak, sehingga program penguatan pangan masyarakat ini dapat berjalan guna memenuhi kebutuhan gizi masyarakat dan memberikan tambahan ekonomi keluarga," ujar dia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.