Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PMII Kukar: Sambut IKN, Tingkatkan Softskill SDM Lokal

Rabu, 8 Maret 2023 16:51 WIB
Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Kutai Kartanegara Denny Hermawan. (Foto: Istimewa)
Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Kutai Kartanegara Denny Hermawan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Kutai Kartanegara Denny Hermawan menilai, hal yang mendesak saat ini agar pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah bagaimana bisa menyerap partisipasi masyarakat lokal adalah dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

'Kunci utama adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Khususnya mahasiswa di Kutai Kartanegara harus siap bersaing untuk meningkatkan mutu dan kualitas diri," kata Denny dalam keterangannya kepada wartawan di Sekretariat PMII Kukar, Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (8/3).

Untuk itu, pihaknya pun mengupayakan hal itu, setidak-tidaknya terhadap para kadernya sehingga mereka tidak hanya sekedar menjadi penonton saja di tengah hiruk-pikuk pembangunan IKN Nusantara.

Baca juga : LBN Kukar Kawal IKN Nusantara, Siapkan SDM Terlatih

"PMII Kutai Kartanegara tak ingin hanya menjadi penonton saat pembangunan IKN berlangsung di Kaltim, karena pembangunan IKN Nusantara akan memiliki dampak positif terhadap mahasiswa dan masyarakat," ujarnya.

Selain peningkatan kualitas SDM, Denny juga menyebut bahwa pihaknya juga mempersiapkan riset tentang kebudayaan. Sebab, dengan adanya IKN tentu kebudayaan masyarakat asli tanah Borneo akan semakin terendus oleh masyarakat luas.

"Kami mulai meriset kebudayaan yang ada di Kukar agar tidak tergerus zaman, tepatnya di wilayah Kedang Ipil, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kukar," terangnya.

Baca juga : Fadel Dorong Pemda Punya Branding Kuat Tingkatkan Potensi Daerah

Selain itu, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) tersebut mengatakan, bahwa ada sejumlah peluang yang bisa diambil oleh PMII maupun mahasiswa Kutai Kartanegara lainnya dalam menyikapi pembangunan IKN Nusantara.

Menurut pandangannya sebagai civitas FH Unikarta, bahwa peluang mahasiswa untuk berperan di IKN tersebut, bukan semata hanya datang dari ruang pemerintahan untuk menjadi birokrat atau ASN.

"Namun juga bisa membentuk lembaga peneliti untuk bermitra atau berkontribusi dalam memberikan masukan kepada badan Otorita IKN," jelasnya.

Baca juga : Lestari: Hadapi Tahun Politik, Tingkatkan Literasi Digital

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa keuntungan positif lain dengan hadirnya IKN di Kaltim, adalah pemerataan pembangunan infrastruktur di daerah-daerah terpencil. Terutama di daerah penyangga, seperti Kecamatan yang ada di Kutai Kartanegara.

"Otomatis Infrastruktur Kukar akan lebih diperhatikan. Sejauh ini, kami juga aktif terlibat dalam diskusi IKN. PMII siap mengawal jalannya proses IKN serta pembangunan yang ada di Kaltim," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.