Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

LBN Kukar Kawal IKN Nusantara, Siapkan SDM Terlatih

Selasa, 7 Maret 2023 15:40 WIB
Ketua Laskar Borneo Nusantara Kabupaten Kutai Kartanegara (LBN Kukar) Hidayatullah. (Foto: Istimewa)
Ketua Laskar Borneo Nusantara Kabupaten Kutai Kartanegara (LBN Kukar) Hidayatullah. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Laskar Borneo Nusantara Kabupaten Kutai Kartanegara (LBN Kukar) Hidayatullah menyatakan bahwa pihaknya masih konsisten dengan semangat mengawal pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Sebab kata dia, salah satu proyek pembangunan strategis nasional yang dijalankan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo tersebut memiliki potensi dampak yang luar biasa bagi perkembangan dan kemajuan masyarakat di Tanah Borneo itu.

"Kami mengajak masyarakat Kutai Kartanegara untuk optimistis dan percaya diri dalam mendukung pembangunan IKN Nusantara yang dicanangkan pemerintah pusat demi kemajuan anak-cucu bangsa Indonesia," kata Hidayatullah dalam keterangannya kepada wartawan di Tenggarong, Kukar, Kalimantan Timur, Selasa (7/3).

Dalam mewujudkan komiten besar itu, ia menegaskan bahwa LBN tengah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih berkualitas, sehingga mereka bisa ikut tampil di dalam pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara itu.

Baca juga : Siap Boyongan, OJK Nunggu Jatah Lahan

"Sikap LBN dengan komitmen mengawal proses pemindahan dan pembangunan IKN Nusantara serta dengan ikut menyiapkan tenaga kerja yang terlatih," ujarnya.

SDM yang dilatih adalah mereka dari masyarakat lokal. Sebab, konsentrasi mereka adalah kepada warga asli Kalimantan sehingga mereka siap bersaing secara sehat dengan masyarakat dari luar Kalimantan.

"Kita sudah siapkan untuk tenaga kerja, pelatih-pelatihan sudah disiapkan supaya nantinya tenaga kerja lokal bisa berperan juga," ujarnya.

Lebih lanjut, Hidayatullah juga mengharapkan agar semangat yang dilakukan oleh LBN Kukar bisa disambut baik oleh pemerintah dan para stakeholders, sehingga tujuan dari pengembangan SDM ini bisa dimaksimalkan lagi. 

Baca juga : Nggak Cuma Mobil, IIMS Juga Hadirkan Booth Properti

Dia juga berharap semua pihak ikut membangun melakukan suksesi pembangunan IKN Nusantara sampai tuntas. Jangan sampai ada upaya untuk menggerogoti semangat itu, sehingga apa yang menjadi harapan besar masyarakat di Tanah Boreno kandas.

"Sebaiknya pengusaha lokal dan luar daerah harus bersinergi dan kerjasama saling mendukung dalam pembangunan IKN Nusantara. Jangan sampai pembangunan IKN terhambat dengan adanya kelompok-kelompok yang bertentangan, terutama masalah tenaga kerja," tegasnya.

Terakhir, Hidayatullah menyampaikan, bahwa saat ini, LBN Kutai Kartanegara tengah fokus mengembangkan beberapa hal yang berkaitan dengan sosial budaya atau kearifan lokal di tingkat desa maupun kelurahan.

Hal ini dilakukan dalam upaya melestarikan budaya atau kearifan lokal, yang mana ini merupakan salah satu bentuk amanah dalam berorganisasi, khususnya pengabdian kepada masyarakat.

Baca juga : Keok Lawan Guatemala, Garuda Nusantara Bersiap Terbang Ke Uzbekistan

Prioritas penguatan masyarakat tersebut kata dia, terutama agar kelompok paguyuban bisa terus melestarikan kebudayaan lokal di tengah-tengah berlangsungnya pembangunan IKN Nusantara.

"Kearifan lokal di wilayah penyangga deliniasi IKN harus dikembangkan, mengingat banyaknya potensi budaya yang ada. Ini juga bisa menjadi peluang dalam peningkatan SDM berbudaya," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.