Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemuda Muhammadiyah Kukar Siap Kolaborasi Tingkatkan Kualitas SDM Lokal

Sabtu, 4 Februari 2023 12:44 WIB
Ketua Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Kutai Kartanegara Edi Rahman. (Foto: Istimewa)
Ketua Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Kutai Kartanegara Edi Rahman. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Kutai Kartanegara Edi Rahman menilai bahwa keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bisa memberikan dampak yang baik dalam menitih kemajuan masyarakat lokal di Kalimantan Timur (Kaltim), khususnya kaum mudanya.

"Kami sangat memahami bahwa kehadiran IKN akan berkontribusi positif bagi kemajuan kualitas SDM Pemuda ke depan di Wilayah Kalimantan Timur," kata Edi dalam keterangannya kepada wartawan di kantor Muhammadiyah di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kaltim, Sabtu (4/2).

Ia juga yakin SDM lokal di tanah Borneo itu bisa ikut berpartisipasi dan berperan aktif di berbagai bidang pekerjaan kelembagaan formal maupunn nonformal.

Baca juga : Program Perhutanan Sosial Berhasil Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Oleh sebab itu, pihaknya pun sangat mengapresiasi dan mendukung berlangsungnya pembangunan berbagai infrastruktur yang tengah digarap oleh pemerintah pusat.

"Dengan dibangunannya infrastruktur IKN, maka pembangunan di Kabupaten Kukar juga akan semakin berkembang lebih maju. Kita apresiasi positif dan mendukung semua program pemerintah Jokowi di Kaltim," ujarnya.

Lebih lanjut, Edi juga menyampaikan bahwa progam pembangunan IKN Nusantara ini harus didukung, apalagi dalam waktu dekat akan diselenggarakan Muktamar Pemuda Muhammadiyah se Indonesia ke 26 pada 21-24 Februari 2023, di Kota Balikpapan, Kaltim.

Baca juga : Dies Natalis Ke-3, UNOSO Tingkatkan Kualitas SDM

"Tema yang diangkat intinya yakni Kader Pejuang Kebangsaan, sehingga kita akan turut andil bagian dalam memajukan program pemerintah khususnya di IKN Kaltim," terangnya.

Dia berharap dengan keberadaan IKN Nusantara dan terselenggaranya Muktamar Pemuda Muhammadiyah se Indonesia di Balikpapan bisa memberikan dorongan semangat kepada kader dan generasi muda Muhammadiyah untuk bisa lebih maju lagi.

"Dengan adanya IKN, saya merasa optimis bahwa Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Kukar akan semakin termotivasi untuk maju," tandasnya.

Baca juga : KPU Minta, Selipkan Pendidikan Pemilu!

Kemudian, Edi juga menerangkan bahwa saat ini yang diperlukan oleh masyarakat Kalimantan Timur adalah peningkatan kualitas SDM. Mengingat pada 2024, pun bertepatan dengan kepindahan pemerintahan dari Jakarta ke Sepaku di IKN Nusantara.

"Tentu akan ada arus warga pendatang yang akan tinggal dan berdiam di IKN Nusantara. Sehingga yang pertama akan kita siapkan adalah kualitas SDM di kalangan kader Pemuda Muhammadiyah. Kita upgrade pengetahuan dan pemberian pelatihan," tegasnya.

"Bahkan perlu dilakukan gerakan dan kolaborasi antara pemuda daerah di Kalimantan Timur, dalam rangka ikut memajukan dan berperan aktif di IKN," pungkas Edi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.