Dark/Light Mode

Prabowo-Ganjar Tampil Bareng Dampingi Jokowi, Wacana Duet Di Pilpres Menguat

Kamis, 9 Maret 2023 10:35 WIB
Presiden Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat kunjungan kerja di Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3). (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat kunjungan kerja di Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tampil bersama di Kebumen saat mendampingi Presiden Jokowi kunjungan kerja, Kamis (9/3). Hal ini membuat wacana duet Prabowo-Ganjar di Pilpres 2024 menguat.

Analis Politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam mengatakan, duet Prabowo-Ganjar ini disinyalir didukung Presiden Jokowi. "Sinyal dukungan Jokowi pada duet Prabowo-Ganjar makin kuat. Setelah sebelumnya di berbagai momen, acara kunjungan kerja di Kebumen yang mengajak Prabowo-Ganjar makin memguatkan ke mana arah dukungan Presiden Jokowi," kata Arif, Kamis (9/3).

Baca juga : Ditemani Prabowo, Jokowi Tinjau Panen Raya Padi Di Jawa Tengah

Menurut Arif, restu Jokowi pada duet Prabowo-Ganjar tentu berbasis kalkulasi politik. Selama ini, memang dalam hasil berbagai survei, Prabowo dan Ganjar memiliki elektabilitas tinggi.

"Restu Jokowi yang mengarah pada Prabowo-Ganjar saya kira juga tak lepas dari kalkulasi politik. Duet ini akan menang mudah dalam Pilpres," tandasnya.

Baca juga : Prabowo Sukses Hadirkan Hercules Baru untuk TNI, Pengamat: Patut Diapresiasi

Berdasarkan survei terbaru Indonesia Polling Station (IPS) pada akhir bulan lalu, duet Prabowo-Ganjar meraih elektabilitas sebesar 58,5 persen. Peneliti senior IPS, Alfin Sugianto, mengatakan bahwa ada sejumlah kandidat yang bisa menjadi cawapres Prabowo, yaitu Ganjar, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Dari nama-nama tersebut, tiga cawapres teratas untuk mendampingi Prabowo dalam survei ini adalah Ganjar dengan suara 19,8 persen, Ridwan Kamil di angka 14,5 persen, dan Erick Thohir 12,2 persen.

Baca juga : Srikandi Ganjar Jabar Gandeng Karang Taruna Gelar Turnamen Voli Putri

“Ketika IPS menyodorkan sejumlah nama kepada responden dan menanyakan kepada mereka siapakah yang paling cocok menjadi cawapres Prabowo, sebanyak 19,8 persen menyebut nama Ganjar dan berada di posisi teratas,” kata Alfin dalam rilis survei pada 28 Februari lalu.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.