Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengamat Nilai Duet Airlangga-Ganjar Punya Daya Tawar Kuat

Senin, 13 Maret 2023 14:09 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Dosen Ilmu Politik UIN Sjech M Jamil Jambek Bukittinggi, Heru Permana Putra menilai, Airlangga Hartarto lebih berpeluang menang jika disandingkan dengan Ganjar Pranowo.

Mereka dinilai akan memiliki posisi tawar yang lebih kuat secara keseluruhan pada Pemilihan Presiden 2024. Hal ini disampaikan Heru Permana Putra dalam menanggapi hasil survei yang dilakukan Gerakan BerkAH di Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Hasil survei menunjukkan, keinginan masyarakat terhadap duet Airlangga Hartarto dan Ganjar Pranowo menyentuh angka 51 persen.

Baca juga : Duet Airlangga-Ganjar Difavoritkan Masyarakat Jatim Maju di Pilpres 2024

"Keduanya punya daya tawar masing-masing, satu sisi Ganjar berpengalaman di bidang eksekutif dan di sisi lain Airlangga pun secara kepartaian punya posisi perahu di posisi tiga besar serta dianggap mampu menjaga stabilitas ekonomi nasional," ungkap Heru Permana Putra, saat diwawancara, Senin (13/3).

Heru melihat, secara elektabilitas memang Ganjar dinilai lebih tinggi terlihat dari beberapa hasil survei belakangan ini, hanya saja persoalannya sampai saat ini belum ada partai yang pasti untuk bisa mengusung dirinya dalam perhelatan Pilpres 2024.

Bahkan, PDIP pun sampai hari ini belum juga memberikan jawaban atau kepastian siapa yang mau diusung.

Baca juga : Pengamat: Tepat, Mantan Pengawal Jokowi Diangkat Pangdam Jaya

"Tentu ini jadi peluang bagi internal KIB apalagi jika Partai Golkar tetap mendorong Airlangga Hartarto untuk maju sebagai capres, ya realistisnya harus mencari wakil yang memiliki basis massa yang kuat dan elektabilitas yang tinggi. Makanya saya mensimulasikan duet antara Airlangga Hartarto dan Ganjar Pranowo ini bisa jadi pasangan yang cukup kuat menghadapi para pesaingnya," tutur Heru.

Secara internal, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pun jika nama Ganjar Pranowo yang masuk sepertinya PPP dan PAN cukup realistis untuk menerimanya.

"Sejauh ini hasil survei elektabilitas Ganjar selalu konsisten di atas 30 persen, itulah mengapa Ganjar menjadi kandidat yang saya rasa cukup kuat untuk mendampingi Airlangga Hartarto. Tinggal bagaimana hasil kesepakatan bersama saja antara Airlangga dan Ganjar," tutup Heru. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.