Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Demi Wujudkan Pemilu Damai

Polda Banten Tingkatkan Latihan Pengamanan...

Rabu, 15 Maret 2023 07:35 WIB
Kabagops Satbrimob Polda Banten AKBP Maya Heni. (Foto: ANTARA/Weli)
Kabagops Satbrimob Polda Banten AKBP Maya Heni. (Foto: ANTARA/Weli)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Banten bertekad mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) yang aman, damai, dan tertib. Karenanya, mereka terus meningkatkan intensitas latihan, untuk pengamanan tahapan Pemilu dengan menggelar gladi simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota).

Kabagops Sat Brimob Polda Banten, AKBP Maya Heni mengatakan, pihaknya terus meningkatkan intensitas latihan, untuk pengamanan tahapan Pemilu Legislatif (Pileg), Pemilu Presiden (Pilpres), hingga Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024 nanti. Ia pun mengajak seluruh stakeholder ikut serta dalam mengamankan hajatan besar demokrasi Indonesia, yang tak lama lagi digelar.

Baca juga : Kapolri: Wujudkan Mudik Aman Dan Tingkatkan Pelayanan Publik

“Rencananya, simulasi resmi akan digelar Jumat (17/3) be­sok. Simulasi itu akan dihadiri jajaran Forkompinda Banten. Ratusan anggota Polri di jaja­ran Satuan Birigade Mobil (Sat Brimob) juga akan dikerahkan untuk mengambil bagian dalam gladi pengamanan Pemilu yang terdiri atas tiga tahapan, yakni kampanye, pemungutan suara dan perhitungan suara,” ujar Heni, kemarin.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dirinya akan memandu secara langsung jalannya gladi penga­manan Pemilu. Dijelaskannya, gladi akan dimulai dari dari langkah-langkah pengamanan pra-kampanye terbuka, pengamanan kampanye tertutup, ter­masuk pengawalan juru kam­panye.

Baca juga : Lestari Minta Pemerintah Konsisten Tegakan Aturan Di Kawasan Wisata

“Saat penghitungan suara, pengamanan dititikberatkan pada proses perhitungan dan terus memantau kemungkinan-kemunkinan terjadinya masalah ketidakpuasan para pendukung salah satu peserta atas hasil Pemilu nanti. Polda Banten ber­harap, para peserta bisa ter­tib dalam menjalankan tahapan yang akan berlangsung,” urai dia.

Dalam latihan yang digelar, jelas dia, pihaknya akan melaku­kan pengamanan gabungan aksi unjukrasa dengan melibatkan personel pengendalian masa (Dalmas), Samapta, Pasukan Bermotor, Polwan, hingga an­jing pengusir massa. Sebab, setiap pelaksanaan tahapan, utamanya tahapan penghitungan suara selalu muncul potensi aksi unjukrasa.

Baca juga : DKI Jemput Bola Latih Warga Jadi Pengusaha

“Kami akan melatih anggota kepolisian, agar mereka mengetahui proses tahapan Pemilu. Kami akan menurunkan sebanyak 700 personil dalam latihan tersebut,” cetus dia.

Pada gelaran Pemilu mendatang, sambung dia, pihaknya harus melaukan pengamanan secara ekstra. Sebab, kemajuan teknologi media sosial, dan berita hoaks, kian marak dalam gelaran pesta demokrasi. “Kami juga harus bisa mengantisipasi terjadinya perang politik di me­dia sosial,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.