Dark/Light Mode

Diluncurkan Ganjar 2019, Aplikasi Jalan Cantik Sudah Tangani Ribuan Aduan Jalan Rusak

Jumat, 3 Maret 2023 17:46 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aplikasi Jalan Cantik yang diluncurkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sejak 2019 lalu, terbukti efektif untuk menangani jalan rusak. Hingga saat ini sudah ada 3.782 laporan jalan rusak tertangani.

Dari data Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (DPUBMCK) Provinsi Jawa Tengah, sejak 2019 ada total 7349 laporan masuk melalui aplikasi Jalan Cantik.

Yakni, sebanyak 1.253 jalan nasional, 1.291 jalan provinsi, 8 jalan tol, 1.235 jalan kabupaten/ kota, 1.763 jalan desa/lingkungan, dan 840 lain-lain. Sebanyak 3.782 sudah selesai ditangani dan 104 laporan saat ini sedang dalam pengerjaan.

Ganjar Pranowo mengatakan, dengan aplikasi tersebut, pelayanan terhadap keluhan jalan rusak di Jawa Tengah akan semakin cepat.

Baca juga : Upaya Tangani Stunting Di Jakarta Makin Tajam

“Ini bentuk upaya kita dalam mewujudkan birokrasi yang memanfaatkan kemajuan teknologi. Dengan aplikasi ini, maka pelaporan serta tindak lanjut terkait jalan rusak di Jateng, akan semakin cepat,” ujarnya, beberapa waktu.

Ganjar juga meminta masyarakat untuk segera men-download aplikasi Jalan Cantik tersebut. Dengan begitu, ketika masyarakat melihat ada jalan yang rusak, ia meminta segera dilaporkan.

“Segera laporkan, akan kami respon dengan cepat,” terangnya.

Sementara, Kepala DPUBMCK Provinsi Jawa Tengah AR Hanung Triyono mengatakan, aplikasi Jalan Cantik ini diluncurkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya terkait perbaikan jalan dan jembatan di seluruh Jawa Tengah.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Sumsel Adakan Training Public Speaking Di Kabupaten Pali

“Aplikasi Jalan Cantik adalah aplikasi yang berfungsi untuk melaporkan kerusakan jalan dan jembatan yang berada di wilayah Jawa Tengah

. Aplikasi ini juga sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat jawa tengah melalui aplikasi tersebut,” paparnya.

Aplikasi Jalan Cantik bisa di-download di play store, dan registrasi untuk melaporkan kerusakan jalan dan melihat fitur lainnya.

Untuk cara pelaporan melalui aplikasi Jalan Cantik, Hanung menerangkan masyarakat dapat men-download aplikasi melalui Google Play Store. Setelah melakukan pendaftaran, aplikasi langsung dapat digunakan.

Baca juga : Prof Tjandra: Tragis Dan Menyedihkan

Untuk cara melapor, ketika masyarakat menemukan jalan rusak, langsung buka aplikasi. Pilih menu Laporkan Kerusakan dan ambil minimal tiga foto melalui aplikasi tersebut. Jangan lupa atur set lokasi saat mengirim foto jalan rusak.

“Kirim minimal tiga jalan rusak yang ditemukan. Setelah laporan itu dikirim, maka laporan itu secara otomatis akan masuk ke website kami. Kami pastikan, dalam waktu 1×24 jam akan langsung ditangani. Kalau jalan rusak merupakan jalan provinsi, maka akan langsung diterjunkan tim untuk melakukan perbaikan,” terangnya.

Selain menangani laporan melalui aplikasi Jalan Cantik, pihaknya juga melakukan pemeliharaan jalan provinsi sepanjang 2,404.741 kilometer.

"Semua jalan dipelihara sepanjang 2,404.741 kilometer sesuai SK Jalan Provinsi," tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.