Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ganjar Dukung Pemerintah Lobi FIFA Izinkan Piala Dunia U-20 Tanpa Israel

Kamis, 23 Maret 2023 22:08 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi pemerintah pusat yang mengupayakan Piala Dunia U-20 tetap berjalan tanpa kehadiran Israel. Ganjar berharap tim yang berangkat untuk melobi FIFA membawa hasil positif. 

Hal itu disampaikan Ganjar usai ngabuburit bersepeda keliling Kota Semarang, Kamis (23/3). Ganjar mengatakan, Indonesia sampai kapan pun akan selalu berpihak pada Palestina sesuai amanat Presiden Soekarno.

“Dalam konteks (Piala Dunia) U-20 kami mendorong upaya-upaya yang mesti dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini menerobos agar U-20 tetap sukses tapi tidak menghadirkan Israel,” tegasnya.

Baca juga : Ganjar Harap Piala Dunia U-20 Tanpa Israel

Ganjar mengapresiasi upaya Pemerintah Indonesia yang telah mengirim tim dari Kementerian Pemuda dan Olahraga ke Doha, Qatar, untuk melobi FIFA.

“Saya mengapresiasi apa yang dikerjakan oleh pemerintah pada hari ini dan kalau tidak salah per hari ini ada tim yang dikirim oleh PSSI, oleh Kemenpora ke Doha untuk melakukan lobi dengan FIFA,” katanya.

Ganjar berharap dengan upaya tersebut, nantinya pemerintah Indonesia berhasil membuat terobosan agar perhelatan Pildun U-20 bisa tetap berjalan tanpa keikutsertaan Israel.

Baca juga : Syarief Hasan Minta Pemerintah Segera Bebaskan Pilot Susi Air

“Mudah-mudahan itu akan menjadi jalan terbaik sehingga U20 tetap jalan dan keberpihakan atau dukungan Indonesia pada Palestine juga tetap berjalan,” ujarnya.

Selain itu sebagai gubernur, Ganjar juga terus memantau perkembangan yang terjadi di Palestina. Ia menyesalkan masih terjadinya serangan dari pasukan Israel ke Palestina. Bahkan Rumah Sakit Indonesia di Palestina pernah jadi target serangan. 


“Menurut saya ini sebuah tindakan yang perlu dikecam,” tegasnya.

Baca juga : FIFA Cek Persiapan Akhir 6 Stadion Piala DUnia U-20

Sebagai kader PDI Perjuangan, Ganjar mengatakan sikap ini sesuai dengan amanat Presiden RI Pertama, Soekarno yang berkomitmen mendukung kemerdekaan Palestina.

“Tentu PDI Perjuangan dan seluruh kadernya pasti masih mengingat bagaimana perjuangan Bung Karno dulu betul-betul mendorong agar Palestina merdeka. Ini tidak bisa kita pungkiri, tidak bisa kita hilangkan dan sampai kapanpun untuk event apapun Indonesia akan selalu berpihak kepada Palestina dalam hal ini mendukung Palestina merdeka,” tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RMid. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.