Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

JK: Kalau Indonesia Terima Israel Di Piala Dunia U20, Jalan Damai Untuk Palestina Akan Terbuka

Selasa, 28 Maret 2023 06:47 WIB
Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla bersama PM Kamboja Hun Sen (tengah) dan PM Malaysia Anwar Ibrahim (kiri) dalam acara buka puasa bersama warga Kamboja, Senin (27/3). (Foto: Dok. DMI)
Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla bersama PM Kamboja Hun Sen (tengah) dan PM Malaysia Anwar Ibrahim (kiri) dalam acara buka puasa bersama warga Kamboja, Senin (27/3). (Foto: Dok. DMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pusat M. Jusuf Kalla atau JK angkat bicara soal konflik Palestina-Israel (Perang Arab-Israel), yang telah berlangsung 70 tahun. 

Sepanjang masa itu, Palestina dan Israel terlibat dalam tiga perang besar. Masing-masing tercatat pada tahun 1948, 1967, dan 1973 dalam perang Yom Kippur.

Menurut JK, dari sekian kali perang, yang terlibat langsung membela kepentingan Palestina sebenarnya adalah Mesir, Syiria dan Jordania melawan Israel.

Ironisnya, setiap kali perang, wilayah Arab termasuk Palestina, menjadi semakin banyak dikuasai Israel.

Baca juga : FIFA Batalkan Drawing Piala Dunia U20 Di Bali, Dampaknya Serius Buat Indonesia

"Dalam kondisi seperti saat ini, kita tentu tidak bisa lagi berharap banyak dari Mesir, Syiria dan Yordania untuk berperang bagi kedaulatan Palestina. Maka, satu-satunya jalan yang terbaik untuk memperjuangkan dan memulihkan hak bangsa Palestina, adalah melalui jalan dialog menuju perdamaian," kata JK di sela kunjungannya ke Phnom Penh, Kamboja, Senin (27/3). Memenuhi undangan buka puasa bersama warga muslim Kamboja, yang juga dijadiri Presiden Hun Sen dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. 

Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI ini menjelaskan, jika ingin membantu menciptakan perdamaian di kawasan tersebut, Indonesia harus dapat mengenal Israel dan Palestina. Agar dapat mendorong kedua negara maju ke meja perundingan yang adil.

Saat ini, pandangan tersebut diyakini beberapa negara Arab di Timur Tengah, yang mulai berhubungan baik dengan Israel. Seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA) dan Qatar.

Baca juga : Pemuda Katolik: Kehadiran Israel di Piala Dunia U20, Tak Surutkan Solidaritas RI ke Palestina

JK mengatakan, selama ini, hanya ada tiga negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Yakni Mesir, Yordania dan Turki.

"Karena itu, jika Indonesia ingin berperan aktif menegakkan perdamaian di Timur Tengah, terutama dalam memperjuangkan kepentingan bangsa Palestina, maka Piala Dunia U20 dapat dijadikan momentum untuk mengenal kedua belah pihak. Khususnya, Israel," papar JK.

Jika Piala Dunia U20 terlaksana dengan mengikutsertakan Israel, jalan damai yang dapat memperjuangkan kepentingan rakyat Palestina melalui dialog atau perdamaian, akan terbuka.

"Ini menunjukkan peran aktif Indonesia dalam memperjuangkan hak Palestina melalui jalur dialog, untuk perdamaian kedua pihak," tegas JK, yang terlibat dalam penyelesaian sejumlah konflik. ■

Baca juga : Dubes Palestina Sowan Ke Jokowi, Isu Tim Israel Di Piala Dunia U20 Tak Dibahas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.