Dark/Light Mode

Soroti Heboh Istri Pejabat Pamer Harta

JK: Kesenjangan Sosial Membesar

Minggu, 2 April 2023 08:00 WIB
Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK). (Foto: Antara).
Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK). (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
JK mengatakan persoalan ketimpangan sosial itu masih menjadi pekerjaan rumah. Agar jurang pemisah antara si kaya dan si miskin semakin kecil sehingga meminimalisir kecemburuan sosial. Menurut JK, salah satu memperbaiki kepincangan sosial ini adalah meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat yakni dengan menciptakan lebih banyak entrepreneur.

Kenapa fenomena seperti ini tiba-tiba rame? Sosiolog Universitas Brawijaya I Wayan Suyadnya menilai aksi pamer kekayaan di media sosial merupakan keinginan individu untuk menunjukkan status sosial kelas atas di masyarakat.

Baca juga : Ganjar-Gibran Tetap Temenan

“Saya berpikir bahwa apa yang dilakukan (pamer kekayaan) oleh individu ASN dan Polri itu karena butuh penghargaan. Butuh pengakuan atau eksistensi,” kata Wayan, tadi malam.

Wayan menjelaskan, pengakuan tersebut dibutuhkan oleh individu dari ikatan sosial yang sengaja dibuat atau diciptakan. Pengakuan tersebut, bertujuan agar mereka lebih eksis dan tetap menjaga status individu itu sebagai masyarakat kelas atas.

Baca juga : Pj Bupati Bombana Dan Istrinya Pamer Harta, Ini Tanggapan KPK

Menurutnya, selain ingin menunjukkan status sosial kepada masyarakat yang setara, ada juga individu yang secara sengaja ingin memamerkan kekayaan tersebut kepada kelompok-kelompok minoritas atau kalangan bawah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.