Dark/Light Mode

Presiden Lantik Penembak Mati Teroris Dr Azhari Jadi Kepala BNPT

Senin, 3 April 2023 18:52 WIB
Presiden Jokowi melantik Komjen Rycko Amelza Dahniel menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Istana Negara Senin (3/4)
Presiden Jokowi melantik Komjen Rycko Amelza Dahniel menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Istana Negara Senin (3/4)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi melantik Komjen Rycko Amelza Dahniel menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Rycko resmi menggantikan posisi Komjen Boy Rafli Amar yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan yang diawali dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' ini digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (3/4).

Baca juga : Jokowi Lantik Dito Ariotedjo Jadi Menpora dan Komjen Rycko Jadi Kepala BNPT

Pergantian pucuk jabatan BNPT ini tertuang dalam surat telegram rahasia ST/712/III/KEP/2023 tertanggal 27 Maret 2023 yang ditandatangani Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

Lantas siapa Komjen Rycko? Dia merupakan lulusan terbaik atau Adhi Makayasa Akademi Kepolisian 1988.

Di awal karirnya, Rycko lebih sering bertugas di bidang reserse. Dia pernah bertugas di bidang serse Polres Jakarta Utara, Jakarta Selatan, hingga Polda Metro Jaya.

Baca juga : Bakal Dilantik Jokowi Jadi Kepala BNPT, Ini Profil Komjen Rycko

Pada 2005 pria 57 tahun kelahiran Bogor ini mendapat kenaikan pangkat luar biasa. Anggota Densus 88 Bareskrim Polri ini berhasil melumpuhkan teroris Dr Azhari di Malang, Jawa Timur.

Pada 2009, Ryco ditugaskan sebagai ajudan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Empat tahun bersama SBY, Rycko langsung naik jabatan dan mengemban tugas sebagai Wakapolda Polda Jawa Barat.

Setelah itu, dia menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara, Gubernur Akpol, Kapolda Jawa Tengah, dan Kabaintelkam Polri. Terakhir, dia bertugas menjadi Kalemdiklat Polri sedari tahun 2021.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.