Dark/Light Mode

Bakal Dilantik Jokowi Jadi Kepala BNPT, Ini Profil Komjen Rycko

Senin, 3 April 2023 10:59 WIB
Komjen Rycko Amelza Dahniel. (Foto: Ist)
Komjen Rycko Amelza Dahniel. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain akan melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga menggantikan Zainudin Amali yang mundur, sore ini Presiden Jokowi juga akan melantik Komjen Rycko Amelza Dahniel menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Rycko akan menggantikan Boy Rafli Amar yang pensiun.

Soal penunjukan Rycko ini disampaikan As Sdm Polri Irjen Dedy Prasetyo pada Jumat (31/3) lalu. Dia mengatakatan, Rycko akan dilantik sebagai Kepala BNPT menggantikan Boy Rafli Amar. "Inshaallah akan dilantik Pak Presiden," kata Dedy.

Saat dikonfirmasi mengenai pengangkatannya jadi Kepala BNPT. Rycko mengatakan sebagai Bhayangkara Polri harus siap mendapat penugasan dimana pun. "Tentunya kehormatan," kata Rycko.

Baca juga : Anies Dan Prabowo Bisa Diuntungkan

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan calon Kepala BNPT pengganti Boy Rafli bakal dilantik pekan ini. Namun, dia belum menyebut siapa sosok pengganti Boy Rafli.

"Sudah (ada nama Kepala BNPT baru)," ucap Jokowi di KEK Lido, Jumat (31/3) lalu.

Rycko lahir di Bogor, 14 Agustus 1966. Ia menyelesaikan pendidikan SDN, SMPN, dan SMAN di Cibinong, Bogor. Dia lalu melanjutkan pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang. Rycko merupakan peraih Adhi Makayasa atau lulusan terbaik Akpol 1988. 

Baca juga : Yusril Saranin Jokowi Tak Larang Kegiatan Bukber Pemerintah

Penugasan pertamanya di Polres Metro Jakarta Utara sebagai Kepala Unit Kejahatan dengan Kekerasan. Kariernya melesat saat bertugas di Bareskrim Polri. Dia mendapat kenaikan pangkat luar biasa dari Kapolri saat itu, Jenderal Sutanto usai ikut melumpuhkan gembong teroris Dr, Azhari di Batu, Malang, Jawa Timur tahun 2005.

Rycko juga pernah menjabat sebagai Kapolres Jakarta Utara pada 2008. Dia juga menjadi ajudan Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono pada 2009. Setelah itu, Rycko l menjabat sebagai Wakapolda Jawa Barat (2013), Kapolda Sumatera Utara (2016), Kapolda Jawa Tengah (2019), Kabaintelkam Polri (2020) dan Kalemdiklat Polri.

Saat ini, posisi Rycko jadi Pati di Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.