Dark/Light Mode

Profil Irjen Karyoto, Eks Pejabat KPK Yang Ditunjuk Kapolri Jadi Kapolda Metro Jaya

Rabu, 29 Maret 2023 10:36 WIB
Irjen Karyoto. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Irjen Karyoto. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Irjen Karyoto sebagai Kapolda Metro Jaya. Karyoto menggantikan Irjen Fadil Imran yang dipromosikan sebagai Kabaharkam Polri.

Penunjukan Karyoto tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor:ST/713/III/KEP./2023 tertanggal 27 Maret 2023. Karyoto merupakan mantan Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pria kelahiran Pemalang, Jawa Tengah pada Oktober 1968 ini menjabat sebagai Wakapolda DIY pada 2 Agustus 2019 hingga April 2020.

Baca juga : Fadil Imran Kabaharkam, Karyoto Jadi Kapolda Metro Jaya

Lulusan Akademi Kepolisian tahun 1990 ini kemudian dilantik menjadi Deputi Penindakan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 14 April 2020.

Di komisi antirasuah, Karyoto menangani sejumlah kasus kakap. 

Mulai dari korupsi izin ekspor benih lobster yang menyeret Menteri KKP kala itu, Edhy Prabowo, kasus suap bansos yang menjerat Mensos saat itu, Juliari Batubara, hingga kasus suap dan gratifikasi Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe.

Baca juga : KPK Gemes, Ingin Ada Sanksi Buat Pejabat Yang Nggak Lapor LHKPN

Pada akhir tahun lalu, dia diusulkan oleh Ketua KPK Firli Bahuri untuk kembali berkarir di Polri.

Sebelum bertugas di KPK, Karyoto pernah menjabat sebagai Direktur Analis Pemutus Jaringan Internasional BNN pada 2016, Wakapolda Sulut pada 2018 dan Wakapolda DIY pada 2019.

Jenderal bintang dua itu malang melintang di dinas kepolisian, terutama di bidang reserse. Dia pernah menjabat sebagai Kasubdit III Dittipidkor Bareskrim Polri dan Direskrimum Polda DIY pada 2014.

Baca juga : Klarifikasi Harta Kekayaan, KPK Panggil Eks Pejabat Ditjen Pajak Rafael Rabu

Kemudian, Karyoto pernah menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Pidkor Bareskrim Polri pada 2018 dan Wakapolda Sulawesi Utara pada 2018. 

Pada tahun 2021, dirinya sempat masuk ke dalam bursa calon Kabareskrim Polri bersama Irjen Fadil Imran, Irjen Agung Setya, dan Irjen Nico Afinta. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.