Dark/Light Mode

Jokowi Lantik Dito Ariotedjo Jadi Menpora dan Komjen Rycko Jadi Kepala BNPT

Senin, 3 April 2023 17:22 WIB
Presiden Jokowi melantik Dito Ariotedjo (keduankiri) jadi Menpora dan Komjen Rycko Amelza Dahniel (ketiga kiri)¹di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4) sore. (Foto: Randy Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka)
Presiden Jokowi melantik Dito Ariotedjo (keduankiri) jadi Menpora dan Komjen Rycko Amelza Dahniel (ketiga kiri)¹di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4) sore. (Foto: Randy Tri Kurniawan/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dito Ariotedjo atau Ario Bimo Nandito Ariotedjo resmi menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Politisi muda Partai Golkar ini dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersamaan dengan Komjen Rycko Amelza Dahniel yang diangkat menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Pelantikan keduanya digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, yang diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, pada Senin (3/4) sore.

Baca juga : Sah, Dito Ariotedjo Jadi Menpora Termuda

Pelantikan Dito berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 26/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pemuda dan Olahraga Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Pria yang baru berusia 32  tahun ini akan menjadi menteri termuda di kabinet ini menggantikan Zainudin Amali yang mundur setelah didapuk menjadi Waketum PSSI. Sementara Komjen Rycko menggantikan Komjen Boy Rafli Amar yang memasuki masa pensiun.

Mengutip laman resmi Partai Golkar menyebutkan, Dito pernah menjadi Ketua Umum Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

Baca juga : Ini Profil Dito Ariotedjo, Calon Menpora Baru Yang Benar-benar Anak Muda

Sementara Komjen Rycko Amelza Dahniel merupakan lulusan terbaik atau Adhi Makayasa Akademi Kepolisian 1988. Pada 2005.

Pelantikan Komjen Pol. Rycko Amelza berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 51/TPA Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.;

Pria kelahiran Bogor, 14 Agustus 1966 ini mendapat kenaikan pangkat luar biasa bersama sejumlah perwira polisi lainnya karena berhasil melumpuhkan teroris Dr. Azhari di Malang, Jawa Timur.

Baca juga : Hari Ini, Dito Ariotedjo Bakal Jadi Menpora Termuda, Usianya 32 Tahun

Rycko kemudian menduduki sejumlah jabatan struktural penting, seperti Kapolda Sumatera Utara, Kapolda Jawa Tengah, Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri serta terakhir Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.