Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Andi Gani Dukung Mahfud Bongkar Praktik Jaringan TPPO

Kamis, 6 April 2023 14:47 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD bersama Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea. (Foto: Istimewa)
Menko Polhukam Mahfud MD bersama Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah akan tegas memberantas mafia perdagangan orang alias Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengaku telah mengantongi daftar sejumlah jaringan perdagangan orang yang menggurita di Batam, Kepulauan Riau. Anggota jaringan disebut menyebar di kantor Pemerintah dan swasta.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini memberikan warning agar oknum instansi Pemerintah atau masyarakat sipil yang terlibat TPPO untuk segera menghentikan praktik haram tersebut.

"Ini ternyata melibatkan jaringan-jaringan, baik di kantor Pemerintah maupun swasta. Saya sudah punya daftar jaringannya. Sesudah di Jakarta, kami akan olah data yang diterima di Batam," kata Mahfud usai melakukan pertemuan dengan Romo Paschal di Shelter Komisi Keadilan, Perdamaian, dan Pastoral Migran-Perantau di Batam, Rabu (5/4).

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Perluas Jaringan Hingga Ke NTB

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea mendukung penuh langkah Menko Polhukam Mahfud MD memberantas TPPO.

Andi Gani yang juga Presiden ASEAN Trade Union Council (ATUC) ini mengaku akan menggunakan jaringannya di seluruh ASEAN Untuk memberantas human trafficking yang sudah sangat mengkhawatirkan.

"Siapa pun dia, apa pun jabatannya kalau terlibat TPPO harus siap berhadapan dengan hukum," tegasnya di Jakarta, Kamis (6/4).

Andi Gani memastikan sudah menhubungi langsung Menko Polhukam Mahfud MD untuk memberikan dukungannya memberantas TPPO.

Baca juga : Kyai Muda Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Membatik Bersama Santri Di Tuban

"Saya sangat yakin Pak Mahfud tidak akan surut mengusut masalah TPPO ini. Bukti-bukti keterlibatan beberapa oknum pasti bisa diungkapnya," katanya.

Selain itu, Andi Gani telah menginstruksikan Serikat Pekerja Informal dan Pekerja Profesional Indonesia (IMMPI) yang akan mengurus masalah buruh migran untuk terus mengungkap praktik TPPO di Tanah Air.

"Sudah banyak korban jiwa berjatuhan dan ini harus kita hentikan," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Serikat Pekerja IMMPI William Yani Wea mengatakan, praktik human trafficking makin memprihatinkan. Apalagi, beking dari oknum pejabat ini makin kuat. Salah satu kasusnya terjadi di Batam, Kepulauan Riau.

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Membuat Boneka Dari Plastik Daur Ulang Di Sulsel

Ketua Komisi Keadilan dan Perdamaian Pastoral Migran dan Perantau (KKPPMP) Chrisanctus Paschalis Saturnus atau Romo Paschal sampai dipolisikan karena membongkar kasus human traficking oleh oknum pejabat. 

Bukan hanya itu, kata William, banyak kasus TPPO yang belum terungkap secara jernih.

"Data IMMPI, di Nusa Tenggara Timur (NTT) saja ada 100 peti jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang biasanya dipulangkan dalam setahun. Keluarga PMI banyak yang kesulitan menghubungi jika ada anggota keluarganya yang bekerja di luar negeri," ungkapnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.