Dark/Light Mode

Capresnya Banteng Diracik Mega & Jokowi

Selasa, 21 Maret 2023 08:00 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung ngobrol di meja bundar, di Istana Merdeka, Jakarta, kemarin.
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung ngobrol di meja bundar, di Istana Merdeka, Jakarta, kemarin.

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi ikut memberikan masukan kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tentang capres 2024. Meski begitu, siapa yang akan jadi capres Banteng, eks Wali Kota Solo itu menyerahkan sepenuhnya kepada Mega.

Hal tersebut dikatakan Jokowi usai memberikan penghargaan penanganan Covid-19, di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, kemarin. Pada kesempatan itu, Jokowi ditanya media soal pertemuan dirinya dengan Mega, di Istana, Sabtu pekan lalu.

Sebagai kader PDIP, Jokowi merasa punya tanggung jawab untuk ikut mengantarkan keberhasilan partainya di Pemilu 2024. Makanya, Jokowi mengaku, memberikan saran dan pandangannya ke Mega tentang capres 2024.

Baca juga : Kata Hasto, Puan Masuk Radar Jokowi

“Yang jelas, saya menyampaikan pandangan-pandangan dari angka-angka yang kita miliki dan dari data-data yang kita miliki,” kata Jokowi.

Namun, Jokowi enggan membeberkan kriteria sosok yang cocok menjadi presiden berikutnya. Dia hanya memastikan telah memberi sejumlah pertimbangan ke Mega berkenaan dengan capres. “Calonnya tanya ke Bu Mega,” tukasnya.

Menanggapi hal ini, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya akan mempertimbangkan saran Jokowi. Menurut Hasto, pihaknya percaya kepada saran Jokowi karena telah terbukti memimpin Indonesia selama dua periode.

Baca juga : Harga Beras Masih Mahal, Jokowi Kesal

“Atas concern Bapak Jokowi, dan beliau juga lahir dari kepimpinan PDI Perjuangan, maka dialog antara Ibu Mega dan Pak Jokowi itu membahas bagaimana kepemimpinan yang satu napas sejak Bung Karno,” ujar Hasto, di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, kemarin.

Selain itu, sambung Hasto, Jokowi juga menaruh perhatian khusus terhadap regenerasi kepemimpinan di PDIP. Namun, ia membantah, adanya kesepakatan di antara keduanya mengenai nama capres tertentu.

“Bu Mega dan Pak Jokowi hanya membicarakan kriteria pemimpin selanjutnya,” tambah Hasto.

Baca juga : Prabowo Sering Juara Di Musra Relawan Jokowi

Lagipula, kata Hasto, Banteng juga belum memutuskan siapa yang akan diusung di Pilpres 2024. Penentuan capres sepenuhnya ada di tangan Mega sebagai ketua umum.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.