Dark/Light Mode

Survei Elektabilitas Charta

Jaro Ade Jadi Kandidat Calon Bupati Bogor Terkuat

Jumat, 14 April 2023 10:49 WIB
Kandidat Bupat Bogor Jaro Ade. (Foto: Ist)
Kandidat Bupat Bogor Jaro Ade. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Charta Politika Indonesia merilis hasil survei terbaru elektabilitas Calon Bupati Bogor 2024. Hasilnya, nama Ade Ruhandi atau Jaro Ade berada di posisi teratas.

Dalam survei simulasi banyak nama tersebut, Jaro Ade mendapatkan elektabilitas tertinggi. Adapun di bawah Jaro Ade ada nama Anggota DPR RI Elly Rachmat Yasin dan Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan.

“Nama Ade Ruhandi (30.0%) mendapatkan elektabilitas tertinggi ketika dilakukan pertanyaan secara tertutup,” kata Peneliti Charta Politika Ardha Ranadireksa dalam surveinya, Rabu (12/4).

Ardha mengatakan, mantan Kepala Desa Cileuksa itu unggul dibanding Elly Yasin yang meraih 17,5 persen dan Iwan Setiawan dengan raihan 14,3 persen.

Baca juga : SIM Keliling Bekasi 8 April Hadir Di Kantor Kecamatan Bekasi Barat

Kemudian di bawahnya ada Anggota DPRD Jabar Asep Wahyuwijaya dengan 4,3 persen, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto dengan 2,0 persen, lalu Sekda Pemkab Bogor Burhanudin 1,8 persen, dan Mantan Ketua Perpani Adang Suptandar dengan 1,1 persen.

Kemudian terdapat enam nama yang kompak mendapat 0,2 persen. Yakni TB Luthfi Syam, Syarifah Sofiah, Rustandi, Mike Kaltarin, Makmun Nawawi, dan Iyus Fitriadi. 

Sementara elektabilitas Wawan Hikal Kurdi dan Syahjohan masih 0 persen. Kemudian responden yang menyatakan tidak menjawab atau tidak tahu sebanyak 27,5 persen.

“Nama Ade Ruhandi tetap mengguli nama-nama lainnya,” tuturnya.

Baca juga : Bos OJK: Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Tetap Terjaga

Unggulnya elektabilitas Jaro Ade sejalan dengan tingkat kepuasan terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Bogor yang tergolong rendah. 

Berdasarkan survei Charta, kepuasan terhadap kinerja pemerintah Kabupaten Bogor berada pada angka 58,6 persen. Sementara tingkat ketidakpuasan berada pada angka 29,5 persen, dan yang menyatakan tidak tahu/tidak jawab 11,8 persen.

“Pada penilaian kepuasan kinerja Pemerintahan Kabupaten Bogor dalam beberapa bidang, urutan tiga teratas ketidakpuasan publik di Kabupaten Bogor di bidang ekonomi 58,4 persen, bidang penegakan hukum/pemberantasan KKN 45,9 persen dan bidang infrastruktur (jalan/jembatan) 44,8 persen,” tandas Ardha.

Survei ini dilaksanakan tanggal 21 - 27 Maret 2023 di Kabupaten Bogor melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. 

Baca juga : SIM Keliling Bekasi 1 April Hadir Di Kantor Kecamatan Bekasi Barat

Jumlah sampel sebanyak 440 responden yang tersebar di 40 Kecamatan di Kabupaten Bogor. Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error kurang lebjh 4,67 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.