Dark/Light Mode

Survei Elektabilitas Pilkada DKI Jakarta

Heru Ungguli Ridwan Dan Gibran

Sabtu, 18 Maret 2023 07:35 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kiri) bersama Menteri Agraria, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan, Won Hee-ryong (tengah) dan Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto (kanan) memberikan keterangan pers usai menjajal Light Rail Transit (LRT) di Stasiun Pegangsaan Dua, Jakarta, Jumat (17/3). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kiri) bersama Menteri Agraria, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan, Won Hee-ryong (tengah) dan Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto (kanan) memberikan keterangan pers usai menjajal Light Rail Transit (LRT) di Stasiun Pegangsaan Dua, Jakarta, Jumat (17/3). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peluang Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono berlaga dan memenangkan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024 semakin besar. Bahkan, hasil survei elektabilitas Heru di Pilkada 2024 nanti, mengungguli sejumlah nama politisi populer, seperti Ridwan Kamil, Gibran Rakabuming Raka, dan Grace Natalie.

Direktur Program Nusantara Strategic Network (NSN), Riandi mengatakan, hasil survei elektabilitas terhadap Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono terus mengalami peningkatan. Berdasar hasil survei NSN, elektabilitas Heru sebagai calon gubernur mencapai 22,5 persen, menggungguli nama Ridwan Kamil (17,5 persen), Gibran Rakabuming Raka (10,3 persen), dan Grace Natalie (7,0 persen).

“Heru Budi menjadi calon gubernur paling diunggulkan. Sementara nama eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan perlahan turun dengan 7,8 persen, dan mantan Wagub DKI Ahmad Riza Patria elektabilitasnya ada di angka 3,8 persen,” kata Riandi dalam paparan hasil surveinya, di Jakarta, Kamis (16/3).

Baca juga : Survei NSN: 64,5 Persen Publik Puas Kinerja Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Lebih lanjut, ia mengatakan, peningkatan popularitas dan elektabilitas Heru didasarkan pada penilaian kinierja. Selain Heru, lanjut dia, sejumlah nama lain mengalami kenaikan signifikan adalah Ridwan Kamil (17,5 persen), Gibran Rakabuming Raka (10,3 persen), dan Grace Natalie (7,0 persen).

Pada survei-survei sebelumnya, tambah dia, posisi unggulan masih diduduki oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma.

“Sebetulnya, Anies masih mempunyai kesempatan untuk kembali berlaga di Pilkada DKI Jakarta 2024, tetapi peta politiknya sudah jauh berubah,” cetus dia.

Baca juga : Balik Ke Habitat Asli, Balap Formula E Jakarta Digelar Di Jalan Raya

Soal peningkatan elektabilitas Ridwan Kamil, lanjut Riandi, hal tersebut ditopang oleh keputusan Ridwan menjadi kader Partai Golkar. Bahkan, ungkap dia, Ridwan memiliki berpotensi diusung sebagai calon wakil presiden, dan maju di periode kedua sebagai Gubernur Jawa Barat.

“Peluang serupa dimiliki Gibran. Selain berpeluang maju ke Pilkada DKI Jakarta, ia juga memiliki peluang besar untuk maju dan memenangkan Pilkada Jawa Tengah atau periode kedua di Solo,” jelasnya.

Ia menambahkan, nama-nama yang masuk dalam radar bakal calon gubernur DKI, di antaranya Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (1,5 persen), Bupati Tangerang yang juga Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar (1,3 persen), dan anggota DPR dari Partai NasDem Ahmad Sahroni (1,0 persen).

Baca juga : PPP DKI Jakarta Peringati Harlah Ke-50 Di Ponpes

“NSN melakukan survei pada 21-28 Februari 2023 dengan 400 responden mewakili seluruh wilayah di DKI Jakarta. Metode survei adalah multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 4,9 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.