Dark/Light Mode

Manfaatkan Potensi Pesisir

Wanita Nelayan Sadulur Ganjar Ciptakan Produksi Keripik Kelapa

Sabtu, 15 April 2023 07:19 WIB
Sukarelawan Wanita Nelayan Sadulur Ganjar Provinsi Jawa Barat menggelar pelataihan mengolah kelapa menjadi cemilan keripik di Pesisir Pantai Madasari, Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (14/4). (Foto: Ist)
Sukarelawan Wanita Nelayan Sadulur Ganjar Provinsi Jawa Barat menggelar pelataihan mengolah kelapa menjadi cemilan keripik di Pesisir Pantai Madasari, Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (14/4). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Wanita Nelayan Sadulur Ganjar Provinsi Jawa Barat mendorong kaum ibu Pesisir Pantai Madasari, Kabupaten Pangandaran agar lebih produktif, mandiri, dan berdaya.

Ratusan kaum ibu yang terdiri dari istri nelayan dan pelaut perempuan ini dilatih mengolah kelapa menjadi cemilan keripik di Pesisir Pantai Madasari, Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (14/4).

Diketahui, potensi kelapa di wilayah tersebut sangat tinggi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pangandaran dalam angka pada 2022, jumlah produksi kelapa di Kecamatan Cimerak merupakan terbanyak kedua, mencapai 7.911,43 ton per 2021. 

Baca juga : Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumut Adakan Pesantren Kilat

Di sisi lain, loyalis Ganjar Pranowo itu juga membangun Rumah Produksi Keripik Kelapa, modal usaha, dan ketersediaan pemasaran produk.

"Kegiatan yang dilaksanakan Wanita Nelayan Sadulur Ganjar untuk membantu perekonomian masyarakat nelayan teruatama ibu-ibu dan yang diadakan adalah pembuatan keripik kelapa (serta bantuan lainnya)," ucap Koordinator Nelayan Wanita Sadulur Ganjar di Madasari, Esih Sukaesih.

Rumah produksi keripik kelapa itu akan menjadi pusat pengembangan, pelatihan hingga menyerap tenaga kerja kaum ibu demi membantu pendapatan warga sekitar.

Baca juga : Ini Dia, 7 Kesepakatan Penting Pertemuan Mahfud Dengan Sri Mulyani Soal Rekap Data Transaksi Rp 349 Triliun

Wanita Nelayan Sadulur Ganjar melengkapi rumah produksi dengan sejumlah peralatan meliputi kompor, wajan, alat peniris minyak, timbangan digital, disain kemasan serta ribuan packaging kemasan agar produk menjadi menarik dan mampu memperluas pasar.

"Dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan ibu-ibu nelayan bisa memanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari dan masyarakat Madasari bisa sejahtera," jelas Esih.

Aidah (30) salah satu nelayan wanita dari Dusun Madasari menyambut baik kegiatan dari sukarelawan pendukung Ganjar sambil mengisi waktu luang menunggu berbuka puasa.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Pengelolaan Hingga Beri Mesin Dan Toren Air

'"Alhamdulillah jadi positif (dampaknya) kepada ibu-ibu. Mudah-mudahan dengan adanya acara ini ibu-ibu bisa lebih berkembang, lebih maju, dan lebih mandirilah untuk membantu keluarga," ungkap Aidah.

Sekadar informasi, di sela-sela kegiatan Wanita Nelayan Sadulur Ganjar bersama ibu-ibu setempat menggaungkan dukungan untuk Ganjar Pranowo.

Ganjar dinilai aktif dalam mengatasi segala permasalahan, dan keluhan-keluhan masyarakat dengan gaya kepemimpinannya tanpa sekat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.