Dark/Light Mode

Menag Happy Bisa Kirim Satu Kontainer Makanan Siap Saji Ke Saudi

Sabtu, 15 April 2023 14:20 WIB
Menag melepas ekspor perdana makanan siap saji ke Saudi
Menag melepas ekspor perdana makanan siap saji ke Saudi

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah bersama Industri makanan siap saji Indonesia untuk pertama kali melakukan ekspor konsumsi jemaah haji Indonesia 1444H/2023M ke Arab Saudi.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas ikut melepas ekspor perdana makanan siap saji yang dilakukan PT Halalan Thayyiban Indonesia (HATI) ke Arab Saudi.

Menag Yaqut mengatakan, selaku Pemerintah, Kementerian Agama mendukung apa yang dilakukan PT Halalan Thayyiban Indonesia dalam ekspor perdana makanan siap sajinya ke Arab Saudi.

Baca juga : Ini Penjelasan Bea Cukai, Soal Kiriman Coklat Dari LN Kena Bea Masuk Rp 9 Juta

"Ini terobosan penting, mengingat selama ini konsumsi untuk jemaah haji Indonesia bukan kita yang menyediakan melainkan Arab Saudi dan ini harus kita dukung," ujar Menag, Jumat (14/4).

Dikatakan Menag upaya yang dilakukan PT Halalan Thayyiban Indonesia sangat bagus sekali dalam mendorong produk makanan siap saji Indonesia masuk ke Arab Saudi. 

“Yang paling penting menciptakan ekosistem ekonomi perhajian yang banyak melibatkan peternak, petani, UMKM dan masyarakat lainnya," sambung Menag.

Baca juga : Tragis, 13 Warga Pakistan Tewas Saat Ngantre Makanan Sedekah Ramadan

Menurutnya, dalam penyelenggaraan ibadah haji, Indonesia setidaknya mengeluarkan total biaya sekitar Rp 18 triliun lebih yang selama ini habis di Arab Saudi.

"Dengan ekspor ini dana haji yang sebagian habis di sana bisa kembali ke Indonesia. Mudah-mudahan ini bisa berkembang dan diikuti oleh pengusaha lainnya sehingga dana yang kembali ke Indonesia bisa lebih banyak,"harapnya.

Hadir dalam pelepasan perdana ekspor makanan siap saji, Komisaris Utama PT Halalan Thayyiban Indonesia, Puspo Wardoyo, Rais Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar, Sekjen PBNU, Syafullah Yusuf, Ketua BPKH, Fadlun Imansyah, Kepala Baznas,  Noor Achmad, Direksi PT HATI Tbk Sugiri, dan perwakilan lembaga lainnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.