Dark/Light Mode

Harlah PMII Ke-63, Bangun Soliditas Dan Solidaritas Pergerakan

Selasa, 18 April 2023 08:28 WIB
Acara syukuran Harlah PMII ke-63 di Kompleks Ligamas, Jl. Pancoran Indah I Nomor 5, Kecamatan Pancoran, Jakarta/Ist
Acara syukuran Harlah PMII ke-63 di Kompleks Ligamas, Jl. Pancoran Indah I Nomor 5, Kecamatan Pancoran, Jakarta/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang ke-63, Yayasan Talibuana Nusantara menggelar syukuran di Kompleks Ligamas, Jl. Pancoran Indah I Nomor 5, Kecamatan Pancoran, Jakarta.

Adapun tema yang diusung adalah Syukuran Sahabat Muhaimin Iskandar untuk Soliditas dan Solidaritas Pergerakan, Senin (17/4).

Terlihat beberapa tokoh lintas partai hadir dalam acara Harlah PMII, antara lain Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Ai Rahmayanti, Sekjen DPP PKB Hasanuddin Wahid, Wakil Ketua Komisi II Yanuar Prihatin, politisi PPP Andi Jamaro Dulung dan politisi Partai Gerindra Syahdatul Kahfi.

Ketua Yayasan Talibuana Nusantara Endin AJ. Soefihara mengatakan, syukuran ini dilakukan untuk Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar yag merupakan mantan Ketua Umum PMII.  

Baca juga : Gaet BAZNAS, Bank Sinarmas Permudah Bayar Zakat

"Dalam rangka apa kita melakukan syukuran ini? Dalam rangka mengembangkan, memantapkan membangun solidaritas dan soliditas pergerakan," kata Endin dalam sambutannya.

Endin mengatakan, persahabatan yang ada di PMII adalah persahabatan dalam kategori ke-kitaan. Siapapun kita, dalam keadaan seperti apapun kita, harus menunjukkan rasa ke-kitaan. Apakah sahabat kita dalam keadaan susah, apa sahabat kita dalam tenang semuanya berada dalam koridor kesamaan dalam bahasa ke-kitaan. 

“Itulah yang disebut dengan solidaritas dan soliditas pergerakan," terang Endin. 

Artinya, kata Endin, kita berada di mana-mana anggap saja itu sebagai sebuah keragaman, bukan perbedaan. 

Baca juga : MRT Jakarta Kembali Sediakan Kereta Khusus Perempuan

"Toh pada akhirnya kumpul pada tikar yang sama, di bawah tenda yang sama. Begitu pergi ke mana-mana yang penting pulangnya bawa apa-apa dari mana-mana," terangnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Ida Fauziah mengakui PMII banyak memberikan manfaat kapada kadernya. "Selamat 63 tahun untuk PMII," ucapnya.

Wakil Ketua Umum PKB itu mengakui, umur 63 tahun merupakan angka yang cukup matang. Meski begitu, dia yakin PMII akan menjadi organisasi yang terus berkembang maju.

"Saya yakin PMII sampai satu abad. Saat ini sudah saatnya organisasi ini maju," harapnya.

Baca juga : BSI Bangun Pariwisata Dan Ekonomi Masyarakat Lewat Masjid

Hasanuddin Wahid menyampaikan salam dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang saat ini masih ada kegiatan di luar kota.

"Beliau (Cak Imin) mengucapkan terima kasih sekali. Syukuran ini bukan hanya untuk beliau, syukuran ini adalah syukuran untuk kita semua. Siapapun di antara kita yang kemudian mendapatkan cobaan isu dan sebagainya, itu selalu bisa kita hadapi jika kita bersama," ungkapnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.