Dark/Light Mode

Banyak Fitur Baru, Aplikasi Travoy Cukup Membantu Perjalanan Mudik dan Balik Lewat Tol

Rabu, 19 April 2023 13:16 WIB
Ilustrasi aplikasi Travoy, (Foto: Travoy.id)
Ilustrasi aplikasi Travoy, (Foto: Travoy.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jasa Marga (Persero) Tbk terus mengembangkan layanan teknologi terbarunya, yaitu Aplikasi Travoy. Sekarang aplikasi tersebut sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur unggulan yang terintegrasi dari Jasa Marga Tollroad Command Center untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. 

Menghadapi arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Aplikasi Travoy kini sudah melengkapi aplikasi navigasi yang kerap digunakan oleh masyarakat, seperti Google Maps dan Waze.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, mengungkapkan bahwa versi terbaru Aplikasi Travoy memiliki beberapa fitur yang bisa membantu pengguna jalan untuk mempersiapkan perjalanan dengan lebih baik. 

Salah satu fitur baru yang dikembangkan adalah Event Lalu Lintas yang dilengkapi dengan Push Notification untuk memberikan informasi terbaru tentang kondisi lalu lintas jalan tol secara otomatis tanpa harus membuka aplikasi Travoy terlebih dahulu. Selain itu, Travoy kini juga mempermudah pengguna untuk mengakses CCTV melalui halaman depan aplikasi.

"Sejumlah fitur baru yang dikembangkan di antaranya yaitu fitur Event Lalu Lintas yang telah dilengkapi dengan Push Notification untuk memberikan informasi update informasi lalu lintas jalan tol secara otomatis tanpa harus membuka aplikasi Travoy terlebih dahulu," kata Lisye dalam keterangannya, dikutip RM.ID, Rabu (19/4).

Baca juga : Ganjar Milenial Center Banten Gelar Workshop Bersama Petani Muda Mandalawangi

Selain fitur-fitur baru tersebut, Travoy juga menyediakan fitur Chat Us yang dapat mengarahkan pengguna jalan ke layanan pesan WhatsApp berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang terintegrasi dengan Jasa Marga Integrated Digitalmap (JID). 

Apabila terjadi keadaan darurat, pengguna jalan dapat memilih untuk terhubung dengan Live Agent Call Center 14080.

Selanjutnya, Jasa Marga juga mendorong pengguna jalan untuk menggunakan fitur Resi/Struk Digital. Dengan fitur ini, pengguna jalan dapat melihat riwayat transaksi tol selama tujuh hari ke belakang. Struk tersebut juga bisa dicetak dalam bentuk digital yang berlaku seperti resi/struk fisik di gerbang tol. 

"Cukup masukkan nomor e-toll yang digunakan untuk dapat menggunakan fitur ini," tambahnya.

Get Pay

Baca juga : Keren! Ganjar Luncurkan Aplikasi Sisakti Untuk Pantau Perkembangan-Persiapan Atlet Jawa Tengah

GetPay adalah fitur terbaru Travoy untuk pembayaran digital. GetPay melalui fitur Multibiller dapat digunakan untuk pembelian pulsa & paket data, pembayaran tagihan telepon pascabayar hingga melakukan pengisian ulang saldo e-wallet/uang elektronik. 

Ke depannya, Lisye menjelaskan, GetPay akan segera bisa digunakan untuk pembayaran multipayment  lainnya seperti saldo e-toll, token listrik, asuransi, hingga pembayaran streaming berbasis layanan, selain itu juga dapat mengakomodir pembayaran tenant di rest area dan pembayaran derek online sebagai layanan terintegrasi di jalan tol.

Masih banyak fitur menarik lainnya yang menjadi favorit pengguna jalan dan bisa digunakan untuk mewujudkan perjalanan mudik aman berkesan, di antaranya yaitu:

1. CCTV Real Time. Mengetahui kondisi lalu lintas secara live dan real time dari 1.900 lebih CCTV yang tersebar di seluruh ruas jalan tol milik Jasa Marga Group.2. Rest Area. Menyediakan informasi seputar rest area mulai dari lokasi yang terdekat dengan pengguna jalan, fasilitas dan tenant di rest area, hingga kapasitas parkir yang tersedia.

3. Tarif Tol. Membantu pengguna jalan untuk mengetahui informasi  besaran tarif tol yang dibutuhkan selama perjalanan berdasarkan golongan kendaraan dan gerbang tol asal dan tujuan.

Baca juga : Bangun Infrastruktur Transportasi, Menhub Genjot Pendanaan Kreatif

4. Informasi Lalu Lintas Terkini. Menghadirkan informasi mengenai kondisi lalu lintas, termasuk pemberlakuan rekayasa lalu lintas seperti contraflow, ganjil-genap dan one way, gangguan lalu lintas hingga pemeliharaan yang sedang dilakukan di ruas jalan tol.

“Kami berharap pengguna jalan dapat mengunduh Aplikasi Travoy yang diperbarui secara berkala selama 24 jam sehingga dapat mengantisipasi perjalanan dengan kondisi terkini,” ujar Lisye.

Aktif untuk perbarui informasi lalu lintas terkini dengan mengunduh aplikasi Travoy. Informasi lalu lintas juga bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA dan media sosial resmi Jasa Marga.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.