Dark/Light Mode

Komisi VI DPR Apresiasi Peningkatan Pelayanan Pelanggan Lewat PLN Mobile

Kamis, 16 Februari 2023 20:38 WIB
Dirut PLN Darmawan Prasodjo usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi VI DPR RI dan jajaran Direksi PLN, Jakarta (15/02). (Dok. PLN)
Dirut PLN Darmawan Prasodjo usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi VI DPR RI dan jajaran Direksi PLN, Jakarta (15/02). (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi VI DPR mengapresiasi kinerja PT PLN (Persero) dalam meningkatkan pelayanan pelanggan melalui PLN Mobile. Hal ini karena aplikasi PLN Mobile dinilai makin memudahkan dan mempercepat pelayanan kelistrikan kepada pelanggan.

Apresiasi ini di antaranya disampaikan Anggota Komisi VI DPR Subardi.

Subardi mengatakan, transformasi PLN melalui PLN Mobile saat ini telah memudahkan proses pelayanan kelistrikan kepada masyarakat. Subardi menilai, dengan PLN Mobile saat ini masyarakat tak perlu repot lagi melakukan pengaduan secara manual ke kantor PLN.

“Perlu kita apresiasi (PLN Mobile) Pak, terutama di dalam proses pelayanan yang kami rasakan sebagai masyarakat. Ini cepat dan tak repot,” kata Subardi dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi VI DPR RI dan jajaran Direksi PLN, Jakarta (15/02).

Baca juga : Jokowi Apresiasi Kecepatan Respons Basarnas di Lapangan

Pernyataan serupa disampaikan Anggota Komisi VI DPR Adisatrya Sulisto yang menilai keberadaan PLN Mobile membuat PLN jauh lebih responsif dalam menangani keluhan pelanggan.

"PLN saat ini lebih responsif dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Lewat PLN Mobile, pelanggan bisa lebih cepat mengakses layanan kelistrikan," kata Adi.

Peningkatan pelayanan PLN juga dirasakan oleh masyarakat lainnya. Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mengaku turut merasakan peningkatan pelayanan PLN khususnya di wilayah Sumatera Barat.

Menurutnya, pengaduan yang ditujukan kepada PLN kini bisa langsung tertangani dengan cepat.

Baca juga : Komisi VI DPR Apresiasi Kinerja Keuangan PLN Tahun 2022

"Kita apresiasi perbaikan-perbaikan, tapi memang saya sebagai anggota DPR Komisi VI di dapil Sumatera Barat memang merasakan.bBanyak pengaduan masyarakat mulai dari rumah yang komplek atau kampung yang tidak ada listrik, itu bisa dieksekusi dengan cepat," ungkap Andre.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan keberhasilan transformasi digital PLN Mobile tak terlepas dari upaya PLN meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan.

Sebab, beberapa fitur yang tersedia di aplikasi tidak hanya memudahkan pelanggan mendapat informasi, namun juga berkomunikasi.

"Kami menerapkan Program Outage Management, yang merupakan proses sinergi dan berkesinambungan untuk mempercepat respons kami ke pelanggan," papar Darmawan.

Baca juga : Terima DPP IMM, Bamsoet Ajak Tingkatkan Wawasan Kebangsaan

Diketahui, PLN menyinergikan aplikasi PLN Mobile dengan sistem monitoring internal yaitu, virtual command center dan pelayanan teknik optimization.

Dengan adanya integrasi ini, pengaduan masyarakat yang sebelumnya manual menjadi lebih cepat dan bisa dimonitor langsung secara realtime.

"Kini, ketika pelanggan melakukan pengaduan, laporan tersebut akan langsung diteruskan ke petugas yang berada paling dekat dengan lokasi pelanggan. Pelanggan pun langsung mendapatkan informasi mengenai lokasi realtime petugas dan estimasi waktu kedatangan petugas," ujar Darmawan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.