Dark/Light Mode

Naik 20 Persen, Pengguna Commuterline Tembus 12 Juta Saat Cuti Lebaran

Rabu, 19 April 2023 20:27 WIB
Ilustrasi Commuterline di Stasiun Sudirman, Jakarta. (Foto: M Ade Alkausar/RM.ID)
Ilustrasi Commuterline di Stasiun Sudirman, Jakarta. (Foto: M Ade Alkausar/RM.ID)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat Jabodetabek dan pengguna KA Lokal Merak diprediksi akan memenuhi stasiun-stasiun kereta lokal dan Commuterline selama masa cuti dan angkutan Lebaran 2023. 

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan pada cuti lebaran ini, diperkirakan jumlah pengguna commuterline akan meningkat 20 persen dari tahun lalu menjadi 12.260.896 orang. 

Sementara itu, pengguna KA Lokal Merak diprediksi akan meningkat 4 persen menjadi 148.195 orang. Penggunaan kereta ini umumnya untuk keperluan mudik ataupun beraktivitas di sekitar Jabodetabek menjelang hari Idul Fitri 1444 H. 

Baca juga : Pertamina Jamin Stok BBM dan LPG Di Semarang Aman Saat Lebaran

"KA Lokal Merak mulai tanggal 15 April s.d 30 April hanya sampai dengan Stasiun Cilegon," kata Anne Purba dalam keterangannya, Rabu (19/4).

Sementara jumlah operasionalnya adalah sebanyak 14 perjalanan setiap harinya dengan jam operasi dari pukul 05.02 WIB sampai pukul 21.46 WIB.

KAI Commuter mengimbau para pengguna untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan, terutama mengingat peningkatan volume pengguna selama masa angkutan Lebaran. 

Baca juga : Naik 25,2 Persen, Laba Bank Mandiri Kuartal I Tembus Rp 12,6 T

Tujuan pengguna kereta selain untuk mudik adalah untuk bersilaturahmi, mengunjungi tempat wisata, dan pusat perbelanjaan yang dekat dengan stasiun-stasiun kereta.

Kereta Bandara

Untuk operasional Kereta Bandara, terdapat 40 perjalanan dari dan menuju Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Basoetta. Terdapat promo tarif Rp 50.000,- untuk kereta bandara eksekutif, dengan jam operasional mulai pukul 05.07 WIB hingga 20.49 WIB.

Baca juga : Satpol PP Dan Damkar Dilarang Cuti Lebaran

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama masa angkutan Lebaran di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, KAI Commuter menyiapkan personil keamanan dan keselamatan sebanyak 31 orang, petugas pengamanan stasioner sebanyak 2.334 orang, petugas pengawalan KA sebanyak 1.236 orang, serta petugas gabungan dari TNI dan Polri masing-masing 100 dan 40 orang.

Para pengguna kereta diimbau untuk selalu memperhatikan jadwal perjalanannya dan menjaga barang bawaan dengan baik. Informasi terkini bisa dilihat di akun media sosial resmi @commuterline atau melalui kontak center 021-121.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.