Dark/Light Mode

Tumbuhkan Semangat UMKM

Orang Muda Ganjar Kalteng Gelar Pelatihan Membuat Kue

Kamis, 20 April 2023 08:24 WIB
Orang Muda Ganjar (OMG) Kalimantan Tengah (Kalteng) enggelar pelatihan pembuatan kue bersama ibu-ibu dan pemuda di Desa Pelantaran, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah pada Rabu (19/4). (Foto: Ist)
Orang Muda Ganjar (OMG) Kalimantan Tengah (Kalteng) enggelar pelatihan pembuatan kue bersama ibu-ibu dan pemuda di Desa Pelantaran, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah pada Rabu (19/4). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Orang Muda Ganjar (OMG) Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali menumbuhkan semangat gotong-royong melalui kegiatan positif yang bermanfaat bagi warga. 

Teranyar, para sukarelawan ini menggandeng OMG Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar pelatihan pembuatan kue bersama ibu-ibu dan pemuda di Desa Pelantaran, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah pada Rabu (19/4). 

Kordinator Wilayah OMG Kalteng Beni Parulian Siregar mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk menumbuhkan semangat kreativitas jiwa UMKM warga Pelantaran. 

"Kegiatan kami di sini adalah pelatihan pembuatan kue. Ini didemonstrasikan bersama-sama warga Desa Pelantaran untuk kemudian menjadi bekal jika ada yang mau membuat nanti di rumah dan juga jika mau ditingkatkan menjadi UMKM juga bisa," ujar Beni. 

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Sulsel Gelar Gema Takbir-Festival Bedug Berbalut Seni

Adapun jenis kue yang diajarkan cara pembuatannya kepada warga yaitu nastar kacang, cokelat, dan kacang sembunyi. Kue itu menjadi pilihan lantaran digemari warga sekitar dan sering dijumpai sebagai sajian saat Lebaran Idulfitri. 

Beni menjelaskan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk sosialisasi sosok Ganjar Pranowo di wilayah setempat. OMG Kalteng ingin agar pengenalan sosok Ganjar disuguhkan melalui acara yang asyik dan tidak kaku. 

"Melalui acara ini kita ingin menyosialisasikan bahwa OMG yang merepresentasikan Bapak Ganjar ini hadir di berbagai sektor, baik itu di makanan atau juga kue kering. Kita ingin satu metode yang asyik dalam menyosialisasikan bapak ganjar agar tidak kaku," jelas Beni. 

Hal ini, kata Beni, sesuai dengan jargon mereka untuk melakukan politik tanpa basa-basi dengan terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat. 

Baca juga : Srikandi Ganjar Kalteng Gelar Pelatihan Public Speaking

"Sesuai dengan jargon kami politik tanpa basa basi, kami hadir di tengah masyarakat, berdampak pada Orang Muda Ganjar dan masyarakat," lanjut dia. 

Salah seorang warga Desa Pelantaran selaku pemateri pembuatan kue, Febriani mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut. Dia mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh para sukarelawan. 

Terlebih segala keperluan dalam membuat kue difasilitasi oleh para sukarelawan. Mulai dari bahan-bahan penunjang, hingga pemberian bantuan oven untuk memasak kue. 

Senada dengan Beni, Febriani juga berharap agar pelatihan ini dapat menambahkan semangat berwirausaha melalui UMKM aneka kue Lebaran. 

Baca juga : ASDP Kerek Kapasitas Parkir Pelabuhan Merak

Selain itu, dia juga mendoakan kebaikan untuk Ganjar Pranowo. Menurut dia, Ganjar merupakan sosok pemimpin yang cocok menjadi presiden berikutnya sebab Ganjar dinilai sebagai pemimpin yang peduli pada pemuda. 

"Harapan untuk Pak Ganjar semoga sukses terus, jangan dengerin apa pun yang terjadi saat ini. Kami sangat mendukung Pak Ganjar,” kata dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.