Dark/Light Mode

Antisipasi Lonjakan Penumpang Mudik Lebaran

ASDP Kerek Kapasitas Parkir Pelabuhan Merak

Sabtu, 15 April 2023 07:30 WIB
Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin. (Foto: Antara).
Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mengantisipasi kepadatan di Pelabuhan Merak saat mudik Lebaran 2023, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menambah kapasitas tempat parkir sehingga kini mampu menampung 5.526 kendaraan roda empat.

Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengatakan, pihaknya telah melakukan perbaikan secara me­nyeluruh agar kegiatan Angkutan Lebaran 2023 dapat berjalan dengan lancar, aman dan nyaman.

“Salah satu perbaikan yang kami lakukan, adalah penam­bahan kapasitas tempat parkir kendaraan untuk mengurangi kepadatan di Pelabuhan Merak,” ujar Shelvy melalui siaran pers, kemarin.

Menurut Shelvy, pada Angkutan Lebaran tahun lalu, Pelabuhan Merak hanya mampu me­nampung 4.526 kendaraan kecil. Namun pada Lebaran 2023 ini, telah ditambah kapasitasnya menjadi 5.526 kendaraan kecil.

Ia menjelaskan, penambahan lahan parkir ini dilakukan melalui pembelian lahan baru, demolisi Kantor Cabang Merak, alih fungsi lahan dropzone penumpang regular menjadi area parkir.

Baca juga : Perpusnas Kolaborasi dengan Pemda Akreditasi Perpustakaan di Daerah

Lalu, relokasi lahan Kepoli­sian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP), dan relokasi workshop ASDP untuk akses masuk. Se­lain itu, pihaknya juga telah melakukan peningkatan infra­struktur dan fasilitas lainnya di Pelabuhan Merak.

“Kami telah menyelesaikan pengaspalan lahan untuk perluasan akses masuk ke pelabuhan dan fabrikasi garbarata untuk layanan eksekutif ke-2,” katanya.

Tak hanya itu, dilakukan juga pembangunan akses jembatan penghubung Terminal Eksekutif ke Dermaga 1, penataan selasar dari Terminat Terpadu Merak (TTM) menuju Terminal Reguler.

“Serta renovasi ruang tunggu dan koridor pejalan kaki Dermaga 1 juga telah direalisasikan pada 11 April 2023 lalu,” katanya.

Shelvy menambahkan, selu­ruh peningkatan tersebut meru­pakan tindak lanjut dari rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 24 Mei 2022, untuk mengevaluasi Angkutan Lebaran 2022.

Baca juga : Wamendag Bidik RCEP Jadikan ASEAN Krusial Dalam Pertumbuhan Ekonomi Global

Salah satu antisipasi ter­jadinya antrean pada Angkutan Lebaran 2023, Pemerintah juga memusatkan pelayanan untuk seluruh kendaraan roda 2 dan truk golongan VI B akan dialih­kan ke Pelabuhan Ciwandan, ter­hitung sejak 15-21 April 2023.

Menurutnya, Presiden Jokowi mengapresiasi peningkatan kapasitas layanan melalui penambahan pengoperasian pelabuhan, yaitu di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) dan Pelabuhan Ciwandan.

“Pengendara roda dua dapat menyeberang, dengan menem­puh rute Ciwandan-Bakauheni pada15-21 April 2023, ditambah rute Ciwandan-Panjang untuk 19-21 April 2023,” bebernya.

Sementara itu, untuk kendara­an truk golongan VB, pelayanan penyeberangan dari Pelabuhan Merak akan dilayani hanya pada tanggal 15-17 April 2023.

Sehingga, untuk yang ingin menyeberang dari tanggal 18-21 April akan dialihkan menuju Pelabuhan Ciwandan.

Baca juga : Konsumsi BBM Naik 10 Persen Saat Lebaran, Pertamina Jaga Pasokan Di Level Aman

Sedangkan, bagi truk golongan VII sampai dengan golongan IX akan dilayani melalui Pelabuhan BBJ sejak 15-21 April 2023.

“Jumlah kapal yang beroperasi di pelabuhan perbantuan, antara lain Pelabuhan Ciwandan sebanyak 11 Kapal RoRo, 2 Kapal ALP dan 1 Kapal Pelni. Lalu, di Pelabuhan BBJ sebanyak 5 unit kapal,” katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.