Dark/Light Mode

Jalin Gandeng Baznas Dirikan 2 Posko Mudik Di Serang, Banten

Kamis, 20 April 2023 17:29 WIB
Posko Mudik PT Jalin Pembayaran Nusantara (Foto: Dok. Jalin)
Posko Mudik PT Jalin Pembayaran Nusantara (Foto: Dok. Jalin)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuka Posko Mudik Lebaran di tahun ini. Posko dibuka selama enam hari, selama arus mudik 19-21 April 2023 dan arus balik Lebaran pada 23-25 April 2023. Posko dididrikan di dua titik layanan yaitu, di Alun-Alun Kramatwatu (arus mudik) dan Masjid Baitul Muslimin (arus balik), Kabupaten Serang, Banten.

Direktur Utama PT Jalin Pembayaran Nusantara Ario Tejo Bayu Aji menjelaskan, pihaknya dan Baznas bersiaga di puncak arus mudik yang diperkirakan pada Rabu (19/4) atau H-3 dan Kamis (20/4) atau H-2, dan puncak arus balik 1 pada Senin (24/4) atau H+1 dan Selasa (25/4) atau H+2. Sementara, puncak arus balik kedua pada Minggu (30/4) atau H+7 dan Senin (1/5) atau H+8 yang bertepatan dengan libur Hari Buruh.

Ario berharap, masyarakat dapat memanfaatkan momen mudik Lebaran ini dengan baik untuk dapat kembali berkumpul bersama keluarga tercinta setelah pembatasan-pembatasan di masa pandemi tiga tahun ke belakang.

Baca juga : H-4 Lebaran, Pergerakan Arus Mudik Didominasi Penumpang Pesawat

"Di momen ini, Jalin ingin hadir di tengah masyarakat dengan memberikan pelayanan publik terbaik melalui keberadaan posko mudik agar dapat membantu masyarakat melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman dengan nyaman, aman dan selamat," kata Ario, dalam keterangan resminya, Kamis (20/4).

Ario menjelaskan, selama periode Libur Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Jalin menyediakan posko mudik di jalur non-tol dengan berbagai fasilitas dan kebutuhan dasar yang dapat dinikmati para pemudik roda dua dan transpotasi umum. Di antaranya layanan tempat istirahat, dapur air, takjil gratis, chargerponsel, dan layanan kesehatan. Baznas pun juga menyediakan layanan bayar zakat bagi masyarakat yang ingin menunaikan kewajibannya di pos siaga yang terletak di rest area.

Ario menambahkan, Jalin ingin para pemudik mendapatkan manfaat dari posko mudik yang telah disediakan di Kabupaten Serang, sebagai salah satu jalur yang cukup padat dilewati para pemudik untuk menuju pelabuhan Merak. Ia menegaskan, keberadaan posko ini dapat membantu mengurangi risiko kelelahan dan kecelakaan, serta memastikan para pemudik dapat merasa lebih aman dan nyaman dalam perjalanan mereka.

Baca juga : Enesis Group Bagikan Healthy Kit Untuk Pemudik Di Berbagai Lokasi

Penyediaan posko mudik oleh Jalin merupakan salah satu pelaksanaan program-program sosial kemasyarakatan perusahaan. Jalin dan Bazna secara konsisten sejak 2019 telah melaksanakan berbagai program sosial kemasyarakatan. Di antaranya program 'Jalin Patungan Kurban', 'Program 1.000 Hidangan Berkah Ramadan', dan 'Bantuan 100 Paket Al-Quran'.

Ario berterima kasih kepada Baznas atas sinerginya untuk bersama mendukung program tanggung jawab sosial perusahaan, khususnya untuk memberikan kemudahan bagi para pemudik. "Kami berharap dapat senantiasa hadir memberikan kontribusi ditengah masyarakat setiap tahunnya dengan mengadakan program-program yang tepat guna dan dapat memberikan dampak positif," jelasnya.

Handoko, salah satu pemudik, mengaku bersama keluarga berangkat dari Balaraja dengan sepeda motor dan sengaja singgah di posko mudik Jalin karena ingin beristirahat dulu sebelum naik kapal laut menyebrang dari Merak ke Bakauheni. "Kami sangat terbantu karena posko mudik ini tempat yang aman dan nyaman untuk istirahat. Petugasnya sigap membantu kami memesankan tiket kapal laut dengan pembayaran transfer," kata Handoko, pemudik yang akan pulang ke Prabumulih, Sumatera Selatan, ini.

Baca juga : Menhub & Kapolri Tinjau Situasi Arus Mudik Di Surabaya

Program sosial kemasyarakatan yang diberikan Jalin merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan yang selaras dengan semangat dan visi perusahaan sebagai ‘The National Digital Highway’ dalam menghubungkan masyarakat dengan ekosistem finansial dan non-finansial untuk mendorong inklusi keuangan nasional. Hal ini juga merupakan sarana pengenalan perusahaan di tengah masyarakat Indonesia dan dalam rangka meningkatkan awareness masyarakat terhadap perusahaan, khususnya peran Jalin sebagai salah satu pelaku industri sistem pembayaran terbesar di Indonesia.

Selain penyediaan posko mudik, Jalin juga berkontribusi dalam mengantisipasi potensi lonjakan layanan transaksi pembayaran di ATM, debit, digital banking maupun QRIS sehubungan dengan lebih dari 123,8 juta orang potensi pergerakan masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran di tahun ini. Jalin memastikan kualitas layanan keuangan beroperasi secara maksimal, normal dan stabil bagi para nasabah perbankan dan non-perbankan di periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) dengan menyiagakan Posko RAFI 24 jam terhitung selama 15 April-1 Mei 2023.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.