Dark/Light Mode

Pengamat: Prabowo Bacawapres Paling Kuat Buat Ganjar Secara Elektoral

Minggu, 23 April 2023 23:40 WIB
Presiden Jokowi, Menhan Pranowo dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat panen raya beberapa waktu lalu. (Foto: Ist)
Presiden Jokowi, Menhan Pranowo dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat panen raya beberapa waktu lalu. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan sekaligus Netua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto disebut-sebut menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) terkuat untuk Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. Prabowo dianggap sangat kuat secara elektoral sehingga ideal mendampingi Ganjar.

“Paling ideal kalau kita berbicara calon wakil presiden yang secara elektoral akan memungkinkan pasangan ini sangat kuat adalah Pak Prabowo sendiri,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya di Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jateng, Minggu (23/4).

Berdasarkan survei capres Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) April 2023, Ganjar berada di posisi teratas dengan suara 26,8 persen, mengungguli Prabowo Subianto yang mendapat dukungan 25,4 persen.

Baca juga : Jokowi Diprediksi Bakal Lobi Prabowo Jadi Cawapres Ganjar

Hasil tersebut menunjukkan Ganjar punya kekuatan terbesar secara elektoral dan Prabowo ada di nomor dua. Menurut Yunarto, duet Ganjar-Prabowo akan semakin kuat apabila terwujud.

“Dua-duanya ini kan peringkat satu dan peringkat dua. Dua-duanya simbol kalangan nasionalis juga dan kebetulan kita lihat dua-duanya ini yang menjadi simbol sosok yang diendorse oleh Pak Jokowi untuk berbicara keberlanjutan, tentu saja ini hal yang paling ideal,” kata dia.

Oleh sebab itu, Yunarto menekankan pentingnya menurunkan ego dari masing-masing elit partai. Baik bagi petinggi PDIP yang mengusung Ganjar sebagai bacapres, maupun Gerinda yang dipimpin Prabowo.

Baca juga : Hanura Serahkan Sosok Cawapres Ke Ganjar

“Akan berbeda situasinya kalau dalam waktu lima bulan ke depan menjelang pendaftaran, ada salah satu di antaranya elektabilitasnya melampaui yang lain, saya pikir yang elektabilitasnya jauh di bawah mungkin akan berfikir realistis untuk menjadi pemenang,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Prabowo merupakan tokoh potensial untuk menjadi bacawapres Ganjar yang diusung PDIP sebagai bacapres 2024.

“Nah termasuk Pak Prabowo. Nanti juga segera cawapresnya ketemu,” kata Jokowi usai salat Id bersama Ganjar di Masjid Syeikh Zayed, Kota Solo, Jateng, Sabtu (22/4).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.