Dark/Light Mode

One Way Di Tol Trans Jawa Diperpanjang Hingga Pukul 24.00 Malam Ini

Selasa, 25 April 2023 10:00 WIB
One Way di Tol Trans Jawa (Foto: Istimewa)
One Way di Tol Trans Jawa (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemberlakuan rekayasa rekayasa lalu lintas satu arah alias one way di jalan tol dari KM 414 Kalikangkung, Jawa Tengah, sampai KM 72 Cikopo, Jawa Barat, diperpanjang. Hal ini dilakukan menyusul kepadatan arus lalu lintas di Jalan Tol Trans Jawa menuju Jakarta.

Awalnya, pemberlakuan one way diterapkan Senin (24/4) siang sampai pukul 24.00 WIB. Karena arus lalu lintas dari timur masih padat, polisi memutuskan one way diperpanjang sampai Selasa (25/4) pukul 24.00 WIB.

Baca juga : Kediaman Mardiono Ramai Didatangi Masyarakat Hingga Kader Partai

Apabila dalam tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan dari arah timur, dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran sistem one way. Seiring dengan penerapan one way itu, pengguna jalan dari arah barat (Jakarta) menuju timur (Trans Jawa) akan dialihkan keluar di Gerbang Tol (GT) Cikampek KM 72 dan melanjutkan perjalanannya melalui jalur Pantura. Sementara, untuk rute pengguna jalan dari arah Jakarta menuju Bandung melalui Jalan Tol Cipularang masih berlaku normal.

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Lisye Octaviana mengatakan, perpanjangan waktu pemberlakuan sistem one way tersebut dilakukan atas diskresi kepolisian. Perpanjangan itu didasarkan pada data volume lalu lintas kendaraan yang meningkat signifikan dari arah timur (Trans Jawa) menuju ke arah Jakarta, serta prediksi peningkatan lalu lintas yang masih akan berlanjut.

Baca juga : Volume Lalin Naik 8 Persen, One Way Diperpanjang Lagi, Sampai Tengah Malam Nanti

PT Jasa Marga mengimbau agar seluruh pengguna jalan selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu, dan mengikuti arahan petugas di lapangan. Selain itu, juga pastikan kecukupan perbekalan, saldo e-toll, dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman.

"Siapkan saldo e-toll minimal Rp 500.000 untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama," kata Lisye, seperti dikutip Antara, Selasa (25/4).â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.