Dark/Light Mode

Ganjar Dorong Lulusan SMK Jateng Berkuliah Di Universitas Pertahanan

Jumat, 28 April 2023 10:21 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima kunjungan kadet mahasiswa Unhan di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Kota Semarang pada Kamis (27/4) pagi. (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima kunjungan kadet mahasiswa Unhan di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Kota Semarang pada Kamis (27/4) pagi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mendorong masyarakat, khususnya lulusan SMK Jateng untuk menempuh pendidikan di Universitas Pertahanan (Unhan). Pasalnya, Unhan menyediakan pendidikan gratis melalui beasiswa penuh selama kuliah.

Hal itu diungkapkan Ganjar, usai menerima kunjungan kadet mahasiswa Unhan di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Kota Semarang pada Kamis (27/4) pagi.

"Mereka datang ke sini untuk memperkenalkan Unhan kepada masyarakat dan mereka yang sekolah di Unhan gratis, beasiswa seratus persen dan memang ada syarat yang cukup ketat," kata Ganjar usai pertemuan.

Baca juga : Pengacara Ungkit Salah Ketik Di Surat Penahanan

Saat ini, Unhan telah memiliki tiga angkatan kadet mahasiswa sejak awal didirikan pada tahun 2020 lalu. Unhan memiliki 10 program sarjana dan 7 program kejuruan vokasi.

"Fakultas dan jurusan cukup banyak, komplit dan hampir semuanya eksak ya biologi, fisika, matematika, teknik, kedokteran saya kira bagus. Ini bisa mendorong anak-anak yang punya kemampuan akademis, tapi kurang kemampuan ekonomi ini tempat yang bagus," jelas Ganjar.

Adapun angkatan pertama kadet mahasiswa angkatan pertama dari Jawa Tengah sebanyak 36, angkatan kedua 32 kadet dan angkatan ketiga 22 kadet.

Baca juga : TGS Ganjar Perkuat Silaturahmi Demi Raih Berkah Di Sisa Ramadan

Jumlah tersebut dinilai masih kurang, lantaran Jawa Tengah diyakini memiliki banyak potensi siswa berprestasi untuk melanjutkan pendidikan di Unhan. 

Ganjar pun mendorong masyarakat, khususnya lulusan SMK Jateng yang juga digratiskan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk segera mendaftarkan diri dan melanjutkan pendidikan di Unhan.

"Mereka-mereka yang nasibnya kurang beruntung tapi punya semangat yang tinggi, SMK Jateng gratis bisa diteruskan, tinggal kemudian mereka disiapkan untuk ke pendidikan yang lebih tinggi," ucap Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.