Dark/Light Mode

KSP: Kepuasan Publik Tembus 82 Persen, Legitimasi Presiden Jokowi Kian Kokoh

Kamis, 4 Mei 2023 09:29 WIB
Deputi IV KSP Juri Ardiantoro (Foto: dok. KSP)
Deputi IV KSP Juri Ardiantoro (Foto: dok. KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Juri Ardiantoro angkat bicara mengenai tingginya tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Jokowi, yang mencapai 82 persen. Sesuai hasil riset teranyar Lembaga Survei Indonesia (LSI), yang dirilis pada Rabu (3/5).

LSI menyebut, angka itu merupakan rekor tertinggi sejak Juni 2015.

Menurut Juri, rekor tersebut adalah bukti kian kokohnya legitimasi Presiden Jokowi.

“Apalagi, pencapaian luar biasa ini terjadi saat Indonesia sebagai bangsa sedang menghadapi berbagai tantangan yang sangat kompleks. Baik karena masalah global maupun lokal,” tegas Juri, Kamis (4/5).

Baca juga : Survei LSI: Tingkat Kepuasan Terhadap Jokowi Tembus 82 Persen, Ungguli PM India

Juri menilai, ada empat isu utama yang menjadi prestasi Presiden Jokowi. Pertama, Presiden ke-7 RI itu mampu mengendalikan berbagai masalah dan tantangan, yang bersumber dari global maupun lokal. Semisal persoalan ekonomi, perlindungan sosial, kesehatan, hingga penegakan hukum.

Kedua, Presiden Jokowi telah membangun Indonesia dengan perspektif Indonesia sentris, melalui pembangunan infrastruktur dan jalur-jalur konektivitas. Seperti pembangunan jalan tol, tol laut, dan infrastruktur lainnya. Sehingga, menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru.

“Termasuk, memindahkan ibu kota negara,” ujar Juri.

Ketiga, Presiden Jokowi dinilai sebagai sosok yang mampu memberi harapan tentang masa depan Indonesia, bahwa Indonesia Maju adalah keniscayaan. "Ini adalah pengungkit meningkatnya kepuasan publik," ucap Juri.

Baca juga : Tak Pernah Ada Presiden Yang Dicinta Setinggi Itu…

Keempat, Presiden Jokowi merupakan tokoh rekonsiliator, yang mampu memelihara kerukunan dan harmoni sebagai negara yang sangat plural.

“Termasuk, langkah dia merangkul lawan-lawan politiknya. Serta menyelesaikan konflik atau kesalahan-kesalahan masa lalu,” terang Juri.

Deputi Bidang Informasi dan Komunikasi Politik KSP ini menuturkan, Presiden Jokowi telah meninggalkan legacy (warisan) yang monumental, serta menjadi tonggak dan landasan yang kokoh untuk masa depan Indonesia.

Oleh karena itu, seluruh komponen bangsa perlu membangun komitmen bersama, untuk melanjutkan legacy tersebut di periode datang.

Baca juga : KSP: Presiden Jokowi Dukung Kepentingan Buruh

“Dalam konteks ini, menjadi lumrah bagi Presiden Jokowi, meminta komitmen para calon Presiden yang akan berlaga di 2024 untuk terus memperkuat usaha-usaha yang sudah dilakukan," pungkas Juri. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.