Dark/Light Mode

Anggarkan 750 M Perbaiki Jalan Rusak

Gubernur Lampung Masih Disentil Netizen

Jumat, 5 Mei 2023 08:00 WIB
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengecek kondisi jalan yang berada di Rumbia, Lampung Tengah. (Foto: Dok. Humas Pemprov).
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengecek kondisi jalan yang berada di Rumbia, Lampung Tengah. (Foto: Dok. Humas Pemprov).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi terus jadi bulan-bulanan netizen. Setelah dibully soal jalan rusak, Arinal disentil soal anggaran perbaikan jalan Rp 750 miliar yang tiba-tiba ada karena mau disidak Presiden Jokowi.

Uang sebanyak itu, menurut Arinal, bakal digunakan untuk memperbaiki sejumlah ruas jalan yang memang butuh perbaikan. Mulai dari Kecamatan Lampung Tengah, Selatan, Barat, dan Utara. Setidaknya, ada 14 titik yang menjadi prioritas.

“Kita sudah siapkan anggaran Rp 750 miliar dalam rangka membangun jalan provinsi yang sudah kita anggap tidak bagus,” kata Arinal, di Hotel Golden Tulip, kemarin.

Baca juga : Pejabat Lampung Blingsatan

Walaupun banyak yang menghujatnya, Arinal menegaskan, rencana perbaikan jalan sudah diagendakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung sejak jauh-jauh hari. Hanya saja, proses tendernya baru selesai. Sehingga, Arinal menepis tudingan bahwa perbaikan dilakukan saat Presiden Jokowi menjadwalkan kunjungan kerja ke Lampung.

“Jadi perbaikan itu semata-mata setelah tender, karena uang itu uang pemerintah. Jadi, harus dilakukan bukan karena ada apa-apa,” ungkapnya.

Meski tender baru selesai, proses perbaikan sudah dilakukan sejak 1 Mei 2023. Di antaranya adalah jalan akses keluar dari Gerbang Tol Itera Kota Baru di Kabupaten Lampung Selatan. Kemudian, jalur menuju Pasar Natar. Dua daerah itu, rencananya bakal dilewati rombongan Presiden Jokowi. Begitu kabar tersiar, jalanan pasar yang tadinya penuh lubang sudah tertutup beton. Tidak ada lagi air yang menggenang seperti kolam.

Baca juga : BSI Berangkatkan 619 Pemudik, Ada Bus Khusus Disabilitas

Sejumlah titik jalan Terusan Ryacudu, Lampung juga mulai ditimbun dengan batu-batuan koral. Sedangkan di Kecamatan Jati, Lampung Selatan, jalanan berlubang sudah tertutup rigid beton.

Beralih ke Jalan Simpang Randu-Rumbia di Lampung Tengah, lokasi yang sempat viral menjadi kubangan ini sudah mulai diperbaiki. Terlihat sejumlah alat berat diturunkan. Mulai dari excavator, dump truck, hingga tandem roller.

Arinal bahkan terjun langsung memantau proses perbaikannya. Tapi, dia tidak mau lewat jalur darat. Bersama dengan Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika, sang gubernur lebih memilih jalur udara menggunakan helikopter.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.