Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Presiden Mau Cek Jalan Hancur

Pejabat Lampung Blingsatan

Rabu, 3 Mei 2023 08:00 WIB
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengecek kondisi jalan yang berada di Rumbia, Lampung Tengah. (Foto: Dok. Humas Pemprov).
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengecek kondisi jalan yang berada di Rumbia, Lampung Tengah. (Foto: Dok. Humas Pemprov).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kritikan TikToker, Bima Yudho Saputro soal jalanan Lampung yang rusak parah, berbuah manis. Presiden Jokowi pun rencananya bakal melakukan sidak hari ini. Pejabat daerah Lampung pun langsung blingsatan mengetahui Jokowi akan mengecek jalanan butut itu.

Kabar Jokowi akan mengecek jalanan butut di Lampung itu, disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Menurut Basuki, rombongan Jokowi bakal meninjau kondisi sejumlah jalan di Lampung usai viral di medsos.

“Gara-gara medsos ramai, beliau akan cek kebenaran dari policy kebijakan dari pemda dalam penanganan itu,” kata Basuki, di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, kemarin.

Basuki menyebut ada tiga titik lokasi yang bakal ditinjau Jokowi. Kalau nantinya ditemui ada jalan yang rusak, akan ditindaklanjuti.

Baca juga : KPK Segera Jadwalkan Pemanggilan Kadinkes Lampung Reihana

Salah satu jalan rusak di Lampung yang bakal ditinjau berlokasi di Simpang Randu-Seputih Surabaya, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah. Guna mengetahui betul bagaimana kondisi di lapangan, Jokowi beserta rombongan bakal melanjutkan perjalanan ke Lampung Selatan dengan mengendarai motor dan mobil.

Di media sosial, kemarin, ramai beredar foto dan video yang menunjukkan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad mengunjungi beberapa daerah menggunakan helikopter. Keduanya diduga sibuk memantau perbaikan jalan di wilayahnya.

Ditanya soal ini, Basuki membantah, pihaknya memerintahkan Pemprov Lampung melakukan perbaikan jalan baru-baru ini. Menurutnya, pejabat daerah yang sibuk melakukan perbaikan bukan atas perintahnya. Namun, memang mempersiapkan kondisi jalanan yang bakal disurvei.

Lalu apa kata Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi? Dia mengakui, lokasi itu sengaja diperbaiki untuk persiapan kunjungan Presiden Jokowi. Selain itu, perbaikan diharapkan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Baca juga : Jokowi Mau Ke Lampung Cek Jalan Rusak, Menteri PUPR Bilang Begini

“Persiapan kita siap, untuk kehadiran Presiden besok (hari ini-red) kunjungan satu hari,” kata Arinal.

Warganet juga ramai mengomentari pejabat daerah sibuk memperbaiki jalan menyambut Jokowi. “Kelakuan Gubernur Lampung dan jajaranya. Sok sibuk dan sok bekerja setelah viral dan emang infrastruktur Lampung jelek,” kicau akun @Pramuka281.

Sedangkan akun @kacanggandum menyindir Gubernur Lampung dan Bupati Lampung Tengah, yang buru-buru meninjau lokasi perbaikan menggunakan helikopter.

“Diduga hal ini dilakukan agar beliau tidak mabuk di jalan, karena Jalan Seputih Raman-Seputih banyak ancur,” sindirnya.

Baca juga : Mau Dibuang City, Kyle Walker Bakal Ditampung Milan

Ada juga yang mengusulkan, jika kunjungan kerja yang dilakukan Presiden Jokowi tidak perlu ada informasi pendahuluan. Hal itu menurutnya, bisa betul-betul menjadi terapi kejut bagi pemerintah daerah. Bila memang daerahnya bobrok, maka bisa diaudit secara langsung.

“Semestinya gitu, kayak tiba-tiba nggak ada angin nggak ada hujan, presiden habis makan siang ngomong ah pengen ke Lampung ah,” usul akun @mdhiorizkyputra. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.