Dark/Light Mode

Angka Kecelakaan Turun Signifikan

Mudik Lancar Dan Nyaman

Sabtu, 6 Mei 2023 08:10 WIB
Ilustrasi arus mudik. (Foto: ANTARA/Dedhez Anggara)
Ilustrasi arus mudik. (Foto: ANTARA/Dedhez Anggara)

 Sebelumnya 
Martin mengatakan, ada tiga hal yang menentukan kelancaran mudik, yakni kesiapan prasarana atau infrastruktur, pengaturan lalu lintas, dan perilaku penge­mudi.

Dari segi prasarana, sejumlah ruas pembangunan jalan tol sudah bisa dimanfaatkan dalam memperlancar arus mudik dan balik lebaran. Di antaranya, Tol Cisumdawu yang telah difungsikan dan kebijakan pem­bukaan dua lajur secara gratis dari Cimalaka sampai Dawuan.

“Setelah arus mudik, ditar­getkan seluruh ruas Tol Cisum­dawu dapat rampung dan mulai beroperasi penuh pada Juni 2023,” ujarnya.

Baca juga : RUU Kesehatan Jamin Pendidikan Spesialis Murah Dan Transparan

Wakil Ketua Komisi VI DPR Sarmudji menambahkan, lan­carnya arus balik dan mudik Lebaran kali ini tidak lepas dari kesiapan dukungan BUMN Transportasi, BUMN Energi, serta BUMN pendukung. Jadi, masyarakat bisa benar-benar nyaman ketika melaksanakan mudik.

“Tentu ini tidak luput dari adanya koordinasi dengan ber­bagai instansi baik Kepolisian, Kemenhub, bersama BUMN terkait juga Pemda dan stake­holder lainnya. Kami ucapkan terima kasih sekaligus apresiasi pada seluruh jajaran BUMN yang sudah mempersiapkan diri menjadi jauh lebih baik,” ujar Sarmudji.

Selain itu, politisi Golkar ini mendapati salah satu keber­hasilan pelaksanaan arus balik dan mudik ini karena dukungan penerapan digitalisasi dalam meningkatkan pelayanan ma­syarakat. Dari hasil evaluasi, adanya penerapan sistem digi­talisasi menambah kelancaran yang luar biasa.

Baca juga : Pemilu Dan Pendidikan Politik Warga Negara

“Misal di ASDP, dengan adanya aplikasi membuat pemesanan tiket kapal ferry menjadi lebih tertib, lebih rapi,” terang­nya.

Sarmuji meyakini, digitalisasi membuat pelayanan dalam arus mudik dan balik ke masyarakat menjadi efektif dan efisien. Orang-orang tidak perlu lagi antre untuk membeli tiket baik pesawat, bus, kereta api maupun angkutan laut.

“Karena sudah pesan melalui aplikasi dari jauh hari, sehingga kepergiannya menjadi lebih terencana,” tambah dia. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.