Dark/Light Mode

Angka Kecelakaan Turun Signifikan

Mudik Lancar Dan Nyaman

Sabtu, 6 Mei 2023 08:10 WIB
Ilustrasi arus mudik. (Foto: ANTARA/Dedhez Anggara)
Ilustrasi arus mudik. (Foto: ANTARA/Dedhez Anggara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi V DPR Hamka B Kady bersyukur angka kecelakaan dalam pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri tahun ini terbilang minim.

Kerja-kerja Pemerintah pantas diapresiasi, sehingga pelaksanaan arus mudik bisa berlangsung aman, lancar, tertib dan minim kecelakaan.

Apresiasi, lanjut Hamka, khususnya diberikan kepada Kementerian Perhubungan, Ke­menterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, aparat Ke­polisian, dan pihak-pihak yang terlibat menyukseskan mudik tahun ini.

Baca juga : RUU Kesehatan Jamin Pendidikan Spesialis Murah Dan Transparan

“Alhamdulillah lancar dan minim hambatan,” kata dia di Jakarta, kemarin.

Hamka menuturkan, berdasarkan data Kementerian Perhubungan, tahun ini tercatat seti­daknya ada sekitar 123 juta warga yang melakukan mudik ke kampung halaman.

Dari jumlah tersebut, angka kecelakaan selama arus mudik dan balik lebaran mencapai 189 jiwa, menurun dibandingkan tahun lalu yang mencapai 310 orang. Sementara total angka ke­celakaan lalu lintas selama arus mudik-balik tahun ini mencapai 1.457 kasus.

Baca juga : Pemilu Dan Pendidikan Politik Warga Negara

“Artinya, menurun hingga 19 persen. Ini menunjukkan bahwa kebijakan berbagai rekayasa lalu lintas untuk menghindari ke­celakaan dan kemacetan parah di berbagai ruas jalan tol mau­pun jalur arteri berjalan sukses,” kata politisi senior Partai Golkar ini.

Menurut dia, tak bisa dipung­kiri memang masih ada ham­batan dalam penanganan lalu lintas. Antrean kendaraan baik di pintu tol maupun yang hen­dak naik di kapal laut juga tak bisa dihindari. Tapi kecelakaan minim, sehingga Pemerintah harus diberi apresiasi.

Dia mengatakan, ini tidak lepas dari dukungan infrastruk­tur yang memadai, sehingga banyak pilihan alternatif bagi masyarakat untuk sampai ke kampung halaman.

Baca juga : BKS: Mudik Balik Lancar, Evaluasi Tetap Dilakukan

Wakil Ketua Komisi VI DPR Martin Manurung menilai, suk­sesnya pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran tidak lepas dari performa Badan Usaha Mi­lik Negara (BUMN) yang terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Secara umum, saya melihat gelombang arus mudik maupun arus balik saat libur Lebaran tahun ini berjalan baik. Hal ini tidak lepas dari kinerja BUMN bekerja sama dengan pihak terkait, sehingga semua bisa berjalan lancar,” ujar politisi Partai NasDem ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.