Dark/Light Mode

Orang Muda Ganjar Gelar Lomba Lagu Daerah Dan Talk Show Dalam Festival Pemuda

Minggu, 7 Mei 2023 14:10 WIB
Sukarelawan Orang Muda Ganjar (OMG) mengadakan festival pemuda Toraja yang di dalamnya ada lomba menyanyi lagu daerah, talk show dan pemutaran film tentang Toraja. (Foto: Ist)
Sukarelawan Orang Muda Ganjar (OMG) mengadakan festival pemuda Toraja yang di dalamnya ada lomba menyanyi lagu daerah, talk show dan pemutaran film tentang Toraja. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Orang Muda Ganjar (OMG) mengadakan festival pemuda Toraja yang di dalamnya ada lomba menyanyi lagu daerah, talk show dan pemutaran film tentang Toraja.

Koordinator OMG Sulawesi Selatan (Sulsel), Muh. Rais Auliya Razak (23) mengatakan kegiatan itu merupakan upaya mereka meningkatkan SDM pemuda Toraja. Para pendukung Ganjar Pranowo itu juga ingin memperkenalkan bakat-bakat pemuda Toraja, mendongkrak perekonomian warga, serta untuk mempromosikan lagu dan budaya daerah Toraja kepada masyarakat luas.

"Tujuannya meningkatkan minat dan bakat dari pemuda yang ada di Toraja Utara ini, dan memotivasi (pemuda) yang ada disini untuk tetap hidup produktif dan berkembang ke depannya," ujar Rais seusai kegiatan di Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (6/5) malam. 

Rais mengatakan lomba menyanyi lagu daerah diikuti puluhan pemuda Toraja. Namun yang ditampilkan dalam acara puncak merupakan tiga finalis, yaitu Tambang Sarrin yang menjadi Juara 1, Erwin Bato Juara 2, dan Habel Juara 3. 

Baca juga : Sandiaga Uno Ajak Sineas Bali, NTB, Dan NTT Ikut Festival Film Bulanan

Para pemenang itu mendapatkan penghargaan. Ketiga finalis membawakan lagu daerah Toraja, seperti lagu berjudul 'To Manglaa', 'Langkan Maega', dan 'E Tondokku'. 

Sementara untuk talk show, kata Rais, membahas tantangan dan peluang dalam pengembangan pemuda terutama peluang usaha. Narasumber yang dihadirkan Dr. Elim Lolodatu. 

"Kami juga hadirkan pemutaran film karya produser lokal. Filmnya tentang daerah Toraja," ungkapnya. 

Rais menyatakan, festival ini turut melibatkan UMKM untuk memberikan platform bagi para pelaku usaha, memperkenalkan produk-produk mereka dan meningkatkan penjualannya. 

Baca juga : Relawan Ganjar Gelar Penyuluhan Dan Bagikan Bibit Untuk Petani Di Gowa

"Kami memberikan suatu ruang yang bisa meningkatkan perekonomian UMKM disini," imbuhnya. 

Rais mengaku akan terus menghadirkan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya pemuda. Selain itu, dia pun turut menggalang dukungan untuk Ganjar Pranowo agar menjadi Presiden 2024. 

Acara ini disambut baik dan antusias masyarakat, khususnya pemuda yang datang untuk menikmati festival dan mendukung perkembangan ekonomi lokal. 

Salah satu peserta, Meshya menyatakan festival ini bermanfaat bagi para pemuda karena menghadirkan peningkatan intelektual dengan talk show, hiburan dan budaya dengan lomba menyanyi daerah dan peningkatan ekonomi dengan kehadiran UMKM.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Kalteng Gelar Pelatihan Membuat Kue

"Ini sangat bermanfaat khususnya untuk orang-orang muda, kaya tadi materi (talks show) dapat narsumber," ucap perempuan asal Toraja ini. 

Meshya juga memuji Ganjar sebagai pemimpin yang selalu turun ke lapangan dalam menyelesaikan masalah warga.

"Beliau baik orangnya, ramah, mau terjun turun langsung ke masyarakt. Sehat selalu bapak, semoga kedepannya bisa lebih baik lagi ke depannya," kata Meshya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.