Dark/Light Mode

Cek Pengamanan KTT ASEAN

Moeldoko Kagum Dengan Kemampuan Pusat Kendali Polri Di Labuan Bajo

Selasa, 9 Mei 2023 21:17 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabarhakam) Komjend Mohammad Fadil Imran di pusat kendali Polri, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Selasa malam, (9/5). (Foto: KSP)
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabarhakam) Komjend Mohammad Fadil Imran di pusat kendali Polri, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Selasa malam, (9/5). (Foto: KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meninjau pusat kendali Polri di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Selasa malam, (9/5). Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang akan berlangsung di sana.

Moeldoko memberikan apresiasi pada pusat kendali Polri, karena telah menunjukkan kesiapan dalam mengantisipasi masalah yang mungkin muncul. 

Ia menilai bahwa infrastruktur, personel, dan sistem kendali, koordinasi, komunikasi, informasi (K3I) yang dijalankan sudah sesuai dengan kebutuhan operasi.

Baca juga : Disambut Menkes Budi, PM Kamboja Tiba di Labuan Bajo

Menurut Moeldoko, pusat kendali tersebut memiliki kemampuan luar biasa dalam memonitor pergerakan seluruh anggota yang berada di lapangan, mengenali persoalan yang dihadapi oleh anggota, dan mengambil reaksi cepat. 

Namun, ia menekankan pentingnya pusat kendali tetap memperhatikan titik-titik kritis untuk memastikan tindakan yang tepat dan terbaik bisa diambil dengan cepat jika terjadi masalah.

“Fasilitas dan stafnya sesuai dengan kebutuhan operasi, komandonya juga luar biasa, dan bisa memonitor pergerakan seluruh anggotanya yang di lapangan dengan baik, sekaligus juga bisa mengenali persoalan yang dihadapi oleh anggota dan termonitor, serta bisa mengambil reaksi cepat,” kata Moeldoko, di Labuan Bajo, Selasa (9/5).

Baca juga : Dirut PLN Kawal Langsung Sistem Kelistrikan Lewat Command Center Di Labuan Bajo

Moeldoko juga meminta agar Polri bersinergi dengan TNI dan semua elemen untuk menyukseskan gelaran KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo. Selain itu, ia juga meminta pengamanan berbagai lokasi krusial, seperti PLN dan Telkom, dan isu-isu seputar KTT ASEAN dipantau.

"Apapun harus kita lakukan demi KTT ASEAN berjalan aman, lancar, dan sukses," tegas Panglima TNI 2013 – 2015 ini.

Saat meninjau pusat kendali Polri di Labuan Bajo, Moeldoko didampingi Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabarhakam) Komjend Mohammad Fadil Imran.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.