Dark/Light Mode

KTT ASEAN 42

Disambut Menkes Budi, PM Kamboja Tiba di Labuan Bajo

Selasa, 9 Mei 2023 17:01 WIB
Perdana Menteri (PM) Kamboja, Hun Sen, menjadi pemimpin negara ASEAN pertama yang di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023. (Foto: BPMI)
Perdana Menteri (PM) Kamboja, Hun Sen, menjadi pemimpin negara ASEAN pertama yang di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023. (Foto: BPMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemimpin negara-negara anggota ASEAN mulai berdatangan ke area Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023.

Perdana Menteri (PM) Kamboja, Hun Sen didampingi Bun Rany tiba di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, sekitar pukul 13.09 WITA. 

Perhelatan KTT Ke-42 ASEAN ini digelar di Labuan Bajo, pada tanggal 9 hingga 11 Mei 2023.

Baca juga : Dirut PLN Kawal Langsung Sistem Kelistrikan Lewat Command Center Di Labuan Bajo

Kedatangan Pimpinan Kamboja disambut Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin dan Dirjen Protokol dan Konsuler, Kementerian Luar Negeri RI, Andy Rachmianto.

Tari-tarian dan musik tradisional khas NTT ikut mengiring penyambutan kedatangan pemimpin Kamboja dan rombongan tersebut. Kehangatan penyambutan terlihat ketika Bun Rany menerima karangan bunga yang dibalasnya dengan mencium dua putra-putri NTT yang menyambut.

Setelah itu, Hun Sen dan rombongan diarahkan ke mobil untuk selanjutnya menuju titik lokasi pertemuan KTT ke-42 ASEAN 2023.

Baca juga : Menhub Cek Kesiapan Bandara Hingga Dermaga Di Labuan Bajo

Diketahui, Indonesia menjabat Keketuaan ASEAN pada 2023 setelah sebelumnya menerima tongkat estafet kepemimpinannya dari Kamboja. Pada keketuaannya di ASEAN, Indonesia mengangkat tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth yang bermakna ASEAN relevan dan penting sebagai pusat pertumbuhan dunia.

Indonesia pun akan memperkuat kapasitas dan efektivitas kelembagaan ASEAN sehingga mampu menjawab tantangan untuk 20 tahun ke depan.

Rangkaian KTT ASEAN akan menghadirkan delapan pemimpin negara ASEAN, Sekjen ASEAN, dan Perdana Menteri Timor-Leste yang hadir sebagai pengamat.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.