Dark/Light Mode

Silaturahmi Ke Sesepuh, Bertemu Kades Se-Jabar, Omongin UMKM Dengan Milenial

Ganjar Presiden 2024 Menggema Di Bandung

Selasa, 16 Mei 2023 08:00 WIB
Bakal calon presiden yang diusung oleh PDIP Ganjar Pranowo yang juga Gubernur Jawa Tengah menyapa warga saat olahraga di Gedung Sate Bandung, Jawa Barat, Minggu (14/5/2023). Dalam kunjungannya ke Bandung, Ganjar Pranowo berkesempatan untuk menyapa masyarakat di Lapangan Gasibu serta napak tilas beberapa peninggalan Bung Karno yang ada di Kota Bandung. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc).
Bakal calon presiden yang diusung oleh PDIP Ganjar Pranowo yang juga Gubernur Jawa Tengah menyapa warga saat olahraga di Gedung Sate Bandung, Jawa Barat, Minggu (14/5/2023). Dalam kunjungannya ke Bandung, Ganjar Pranowo berkesempatan untuk menyapa masyarakat di Lapangan Gasibu serta napak tilas beberapa peninggalan Bung Karno yang ada di Kota Bandung. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc).

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo berkeliling Kota Bandung, Jawa Barat, akhir pekan kemarin. Agendanya beragam, mulai dari lari pagi di Lapangan Gasibu, halalbihalal dengan para kepala desa se-Jawa Barat, bersilaturahmi ke sesepuh, sampai nongkrong bareng milenial ngomongin soal UMKM. Kehadiran Gubernur Jawa Tengah ini, mendapat sambutan meriah warga. Seruan “Ganjar Presiden” pun menggema di kota berjuluk Paris van Java itu.

Ganjar mengawali acara blusukan di Kota Kembang itu, dengan lari pagi di Lapangan Gasibu yang terletak persis di depan Gedung Sate. Sosok berambut putih itu, tiba di lokasi sekitar pukul 6 pagi dengan mengenakan kaos merah bertulis “Indonesia Menggugat”. Tulisan tersebut merujuk pada perjuangan Bung Karno saat membacakan pidato Indonesia Menggugat di hadapan pengadilan kolonial Belanda, di Bandung pada 18 Agustus 1930.

Kehadiran Ganjar ini, langsung disambut meriah oleh ribuan warga yang sedang berolahraga dan menikmati car free day. Warga pun berebutan untuk bersalaman dan berfoto dengan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu.

Baca juga : SAG Garut Mantapkan Dukungan Untuk Ganjar Presiden 2024

“Pak Presiden selamat datang di Bandung,” kata seorang warga. Ganjar pun membalas sambutan hangat itu, dengan senyum ramah. Dengan sabar, Ganjar melayani ajakan bersalaman dan berfoto bareng. Selain lari pagi, Ganjar pun ikutan senam pagi bareng emak-emak.

Dari Lapangan Gasibu, Ganjar lalu menghadiri acara halal bihalal dengan kepala desa se-Jabar, di Taman Prabuwangi, Jalan Pacuan Kuda, Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik. Acara yang dihadiri ribuan kades ini, bertajuk “Desa Baik, Indonesia Tangguh”.

Para kades ini berasal dari dua organisasi yaitu Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) dan Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI). Ribuan kades ini datang dari berbagai daerah di Jawa Barat. Ada yang berasal dari Cirebon, Garut, Sumedang, Subang, Tasikmalaya dan sekitarnya.

Baca juga : Lewat Senam Sehat, Semangat Ganjar Pranowo 2024 Menggelora Di Jabar

Di acara ini, Ganjar yang tampil rapi dengan kemeja putih dan kopiah hitam kembali mendapat sambutan meriah. Ia langsung disambut tari lengser dari upacara adat sunda lengseran di pintu masuk lokasi acara. Iring-iringan bendera merah putih dengan alunan lagu sunda dan payung khas kerajaan yang disuguhkan kepada Ganjar, mewarnai sambutan adat Jabar tersebut.

Riuh ribuan kades pun seketika menggema saat Ganjar berjalan mendekati venue acara menuju bibir panggung. Suasana terasa meriah karena banyak di antara Kades yang mengerubungi Ganjar. “Pak Ganjar foto dulu Pak. Pak Ganjar!” teriak ribuan Kades yang menyambut. Antusiasme tersebut disambut Ganjar dengan melayani salam dan foto dengan senyuman.

Dalam sambutannya, Ganjar yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina PAPDESI itu, mengajak para Kades se-Jabar untuk menerapkan sikap antikorupsi. Terlebih, saat ini Kades memiliki wewenang dalam mengelola dana desa. “Saya ingatkan tidak dikorupsi. Pesan betul saya, jangan korupsi. Kalau itu dilakukan, sudah pasti kepercayaan masyarakat pasti turun,” pesan Ganjar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.