Dark/Light Mode

Survei Indikator: Ganjar Ungguli Prabowo Di 3 Pasangan Capres-Cawapres

Kamis, 18 Mei 2023 23:25 WIB
Bacapres Ganjar Pranowo di tengah-tengah massa pendukung. (Foto: Ist)
Bacapres Ganjar Pranowo di tengah-tengah massa pendukung. (Foto: Ist)

Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru terhadap elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) pada gelaran Pilpres mendatang. Hasil survei menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul dalam sejumlah simulasi.

Survei ini dilakukan pada periode 30 April-5 Mei 2023, tepatnya setelah PDIP mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Bacapres 2024. Survei dilakukan menggunakan metode random digit dialing (RDD) atau teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Sebanyak 1.200 responden yang merupakan warga dengan hak pilih, berusia 17 tahun ke atas, atau sudah menikah. Margin of error survei berada di +- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. Survei dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Indikator memulai survei dengan melakukan simulasi 19 nama calon presiden. Responden diberi pertanyaan 'Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan ibu/bapak pilih sebagai presiden di antara nama-nama berikut?' Hasilnya sebagai berikut:

1. Ganjar Pranowo 29,3 persen
2. Prabowo Subianto: 24,2 persen
3. Anies Baswedan: 15 persen
4. Ridwan Kamil: 4,7 persen
5. Erick Thohir: 2,4 persen
6. Mahfud Md: 2,2 persen
7. Agus Harimurti Yudhoyono: 2,1 persen
8. Sandiaga Uno: 2,1 persen
9. Ma'ruf Amin: 1,0 persen
10. Tri Rismaharini: 0,8 persen
11. Puan Maharani: 0,8 persen
12. Khofifah Indar Parawansa: persen
13. Gatot Nurmantyo: 0,7 persen
14. Airlangga Hartarto: 0,6 persen
15. Gibran Rakabuming: 0,5 persen
16. Tito Karnavian: 0,3 persen
17. Bambang Soesatyo 0,2 persen
18. Muhaimin Iskandar: 0,1 persen
19. Budi Gunawan 0,1 persen

TT/TJ: 12 persen.

"Pada simulasi 19 nama, Ganjar 29,3 persen unggul, baru kemudian Prabowo 24,2 persen, Anies 15 persen, Ridwan Kamil 4,7 persen, nama lain lebih rendah, belum menjawab 12 persen," kata Peneliti Utama Indikator Burhanuddin Muhtadi, Kamis (18/5).

Burhanuddin menjelaskan Ganjar mengalami rebound atau tren kenaikan usai dideklarasikan sebagai capres. Prabowo juga menunjukkan tren kenaikan. Sementara itu, Anies Baswedan mengalami sedikit penurunan dibandingkan bulan sebelumnya.

"Trennya begini, suara Ganjar itu rebound di survei pascadeklarasi, cukup tajam, dari 19,8 persen naik menjadi 29,3 persen. Tapi tren Pak Prabowo juga naik. Jadi publik mulai melupakan (pembatalan U-20), mulai melirik Ganjar lagi, tapi tak menghilangkan elektabilitas Pak Prabowo. (Sementara) ada tren penurunan Anies Baswedan. Nama-nama lain (cenderung) turun dan stagnan," jelasnya.

Survei kemudian dilanjutkan dengan simulasi 3 nama calon presiden, yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Prabowo unggul dalam simulasi 3 nama capres.

Berikut rinciannya:
1. Prabowo Subianto: 34,8 persen
2. Ganjar Pranowo: 34,4 persen
3. Anies Baswedan 21,8 persen.

"Kemudian simulasi 3 nama 'Pak kenapa nama Pak Prabowo naik di simulasi 3 nama?' Mengapa lebih banyak yang lirik Prabowo dibanding Ganjar meskipun margin of error?" ujar Burhanuddin.

"Jadi pertandingan masih banyak. Tapi kalau awal Mei kita lihat Ganjar rebound, Prabowo naik tapi kenaikan Ganjar lebih tinggi daripada kenaikan Pak Prabowo," tambah dia.

3 Pasangan Calon

RM.id  Rakyat Merdeka - Burhanuddin mengatakan dalam simulasi tiga pasangan capres, pasangan Ganjar Pranowo dan Sandiaga Salahuddin Uno mendapatkan elektabilitas tertinggi dengan 38 persen. 

Baca juga : Sepanggung Dengan Ganjar, Isu Nasaruddin Umar Cawapres Menguat

Pasangan Ganjar-Sandi mengalahkan pasangan Prabowo Sububianto-Erick Thohir yang memperoleh 32,2 persen, dan mengahkan pasangan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono 19,2 persen. Sementara yang tidak tahu/tidak menjawab 10,6 persen. 

Pada simulasi berikutnya, Burhanuddin menyatakan pasangan Ganjar-Sandi juga mengalahkan pasangan Prabowo-Erick dan pasangan Anies-Khofifah Indar Parawansa. 

Baca juga : Survei Indikator: Mayoritas Pemilih Jokowi-Maruf Memilih Ganjar Di Pilpres 2024 

Ganjar-Sandi memperoleh 37 persen, Prabowo-Erick memperoleh 34,3 persen sedangkan Anies-Khofifah mendapatkan 17,9 persen. Sementara yang tidak menjawab/tidak tahu sebanyak 10,8 persen. 

"Kalau Pak Ganjar berpasangan dengan Sandi mendapatkan 37 persen, Pak Prabowo dengan Erick 34,3 persen, dan Mas Anies dan Khofifah 17,9 persen," katanya.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.