Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sepanggung Dengan Ganjar, Isu Nasaruddin Umar Cawapres Menguat

Kamis, 18 Mei 2023 20:53 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar. (Foto: Kolase foto Instagram @ganjar_pranowo dan @nasaruddin_umar)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar. (Foto: Kolase foto Instagram @ganjar_pranowo dan @nasaruddin_umar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo tampil satu panggung dengan KH Nasaruddin Umar di Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (17/5). Kedekatan keduanya belakangan ini, semakin menguatkan isu Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta itu akan dipasang sebagai pendamping Ganjar di Pilpres 2024.

Di Sulut, Ganjar dan Nasaruddin menghadiri acara Halal Bihalal dengan tokoh agama Islam di Lapangan Tikala, Kota Manado, Sulawesi Utara. 

Kehadiran keduanya disambut antusias oleh warga. Terutama Ganjar. Banyak warga mengerubungi Gubernur Jawa Tengah itu untuk sekedar bersalaman atau berswafoto.

Dalam acara itu, hadir sejumlah elit PDIP seperti Olly Dondokambey yang juga Gubernur Sulut, Wali Kota Manado Andrei Angouw, dan lainnya. Selain juga tampak petinggi PDIP lainnya seperti Said Abdullah dan Dolfie OFP.

Acara yang berlangsung meriah ini menampilkan berbagai pertunjukkan seni dan budaya lokal. Termasuk tarian Reog Ponorogo, hingga lagu kerohanian Islam yang ditampilkan kelompok choir.

Baca juga : Didukung Seniman Jatim, Moeldoko Layak Jadi Cawapres

Kyai Nasaruddin Dielus PPP

Ketua Majelis Pertimbangan PPP Romahurmuziy membenarkan bahwa Kyai Nasaruddin memang termasuk tokoh bangsa yang sedang dielus-elus partainya menjadi cawapres Ganjar Pranowo.

"Kyai Nasaruddin Umar termasuk tokoh bangsa yang sedang kita elus-elus untuk menjadi cawapres Mas Ganjar," kata Rommy, dilansir Antara, Selasa (16/5).

Ganjar Puji Toleransi di Sulut

Di acara tersebut, Ganjar memuji toleransi masyarakat beragama di Sulut. Menurutnya, toleransi adalah investasi jangka panjang yang harus dirawat terus menerus.

Baca juga : Ganjar Disayang Warga Jawa Barat

"(Toleransi) kelak kemudian hari jadi modal sosial kita, modal politik kita, modal ekonomi kita, untuk bisa hidup dan damai," puji Ganjar.

Karena masih di bulan Syawal, Ganjar menyampaikan ucapan mohon maaf lahir dan batin bagi umat Islam di Sulut. Ganjar juga mengucapkan selamat merayakan kenaikan Isa Almasih bagi umat Kristiani.

Ia mengaku merasa terhormat atas penerimaan warga Sulut terhadap dirinya. Baginya, Sulut adalah wilayah dengan keramahan warga dan kekayaan kuliner yang sangat luar biasa.

Kyai Nasaruddin Soroti Konfigurasi Agama Dan Budaya

Selain Ganjar, Nasaruddin Umar juga turut diberikan kesempatan bicara di acara tersebut. Imam Besar Masjid Istiqlal ini  menjelaskan makna kata halalbihalal, dan kaitannya dengan Islam. Beliau juga berbicara soal makna terdalam Islam adalah cinta.

Baca juga : Rommy: Imam Besar Istiqlal Masuk Radar Cawapres Ganjar

Prof Nasaruddin juga memuji Provinsi Sulut dan Manado yang menghidupi dan menunjukkan diri sebagai kota toleransi. Menurutnya, Kota Manado adalah percontohan kota toleran. 

"Tadi ditampilkan kesenian Jawa di tempat ini. Di sinilah tampak konfigurasi agama dan budaya yang bagus. Kita pantas mengenang Sulut dan Manado sebagai percontohan kota toleransi,” puji Nasaruddin Umar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.